Bagaimana menumbuhkan rasa cinta pada ideologi pancasila

Bagaimana menumbuhkan rasa cinta pada ideologi pancasila

Bagaimana menumbuhkan rasa cinta pada ideologi Pancasila​

 

Jawaban

Cara menumbuhkan rasa cinta pada ideologi pancasila adalah dengan cara mengenal, memahami, mempelajari, serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila pada kehidupan sehari-hari.

Pembahasan

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia, semua sumber hukum dan dasar penyelenggaraan negara semuanya bersumber pada Pancasila, untuk itu Pancasila juga disebut sebagai Ideologi Bangsa. sebagai dasar negara, Pancasila digunakan sebagai pandangan hidup seluruh bangsa Indonesia. Tanpa adanya ideoligi Pancasila, hukum-hukum yang dibuat akan dirasa tidak adil serta tidak memihak pada semua Individu. Dengan adanya ideologi ini akan menunjukkan tujuan hidup bernegara serta dapat membuka wawasan yang memberikan makna bagi bangsa Indonesia serta dapat dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa. Di dalam Pancasila terdapat lima sila yang dimana, antara sila yang satu dengan yang lainnya berangkaian, sangat erat hubungannya dan bahkan tidak terpisah atau tidak berdiri sendiri, kelima sila yang terkandung dalam Pancasila mewakili isi jiwa dari bangsa Indonesia yang sudah ada sejak dahulu kala.

Pancasila juga berperan sebagai ideologi negara dimana maksud dari hal ini berarti Pancasila ini harus dijadikan pedoman oleh masyarakat Indonesia untuk menjalani kehidupannya. Pancasila ini berperan ideologi dasar sekaligus pedoman kehidupan yang mampu menyatukan bangsa Indonesia dan terdiri dari lima prinsip yakni Ketuhanan, Kemanusiaan, Kesatuan, Kerakyatan dan Keadilan. Nilai-nilai yang terkandung di dalam kelima asas Pancasila dijadikan landasan bagi para masyarakat untuk bersosialisasi, menjalankan kehidupan beragama, menegakkan hak asasi manusia, dan bekerja sama dalam bidang apapun. Pancasila ini harus mampu dijadikan acuan untuk menyelesaikan setiap permasalahan bangsa yang ada. Oleh karena itu, sudah jelas bahwa Pancasila ini sangat penting bagi bangsa Indonesia dan akan tetap dilestarikan karena Pancasila ini memiliki peran untuk menjadi pegangan serta perekat bangsa Indonesia dalam menghadapi setiap problematika bangsa yang ada. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk melestarikan Pancasila dan menumbuhkan rasa cinta pada ideologi Pancasila :

  • Mulai memahami sejarah Pancasila agar mengerti bahwa Pancasila ini lahir dari pemikiran-pemikiran leluhur bangsa yang sangat inspiratif.
  • Mempelajari Ideologi Pancasila.
  • Merenungkan nilai Pancasila.
  • Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.
BACA JUGA  Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan negara bersifat terbuka artinya

 

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan rasa cinta pada ideologi Pancasila adalah:

  1. Memahami Sejarah Pancasila
  2. Mempelajari Ideologi Pancasila,
  3. Merenungkan Nilai Pancasila.
  4. Mengamalkan Nilai Pancasila.