CULINARY
www.shutterstock.com
2017-04-12 19:03:00

7 Cara Makan Ala Rasulullah

BY MEDIA SARI

Rasulullah SAW adalah suri tauladan umat Islam dalam berbagai aspek kehidupan.  Pola makan dan hidup Rasulullah yang sehat dan teratur membuat beliau memiliki tubuh yang tak hanya tangguh namun juga kuat. Ternyata hal tersebut tak hanya didukung dari konsumsi makanan yang sehat, namun juga dari tata cara makan dan minum yang selalu terjaga. Nah apa saja sih, tuntunan cara makan yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Yuk kita simak! 

1.    Berdoa sebelum makan
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan maka ucapkanlah ‘Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi’ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir -aku makan-)” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

2.    Makan dan minum sambil duduk
Janganlah ada salah seorang di antara kamu yang minum sambil berdiri. Barang siapa lupa, hendaklah menumpahkan apa yang diminumnya. (H.R. Muslim dari Abu Hurairah no. 375)

3.    Makan dengan tangan kanan
Bacalah basmalah (jika akan makan /minum), makanlah dengan tangan kananmu…” (H.R. Bukhari no. 4957 dan Muslim no 3767 dari Umar bin Abu Salamah)

4.    Makan tidak berlebihan
Tidak ada yang lebih jahat daripada orang yang memadati perutnya dengan makanan untuk menguatkan badannya. Jika perlu ia makan, hendaklah perutnya diisi sepertiga makanan, seperti air (minuman), dan sepertiga lagi untuk udara (bernapas). H.R. At-Tirmiz dari Miqdam bin Ma'di Karib no. 2302) 

5.     Makan mulai dari pinggir piring jangan di tengah
Berkah itu turun dari tengah-tengah makanan. Oleh karena itu, makanlah dari pinggirnya dan janganlah makan langsung mengambil dari tengah-tengah makanan itu. (H.R. At-Tirmizi dari Ibnu Abbas no 1727)

6.    Memakan makanan yang halal
Allah Ta’ala telah berfirman (yang artinya), “Hai para rasul, makanlah yang baik-baik, dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mu`minun: 51)

7.    Mencuci tangan setelah selesai makan
Dari Aisyah ra. Rasulullah saw bersabda : “Barang siapa di kedua tangannya terdapat gajih/ lemak , lalu ketika bangun pagi dia menderita suatu penyakit hendaklah dia tidak mencela, melainkan terhadap dirinya sendiri.”

Yuk, praktekan!

RECOMMENDED FOR YOU