CULINARY
ful medames khas mesir
2018-10-15 11:01:00

3 Kuliner Khas Mesir Yang Patut Dicoba

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Liburan ke Mesir kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner lokalnya. Nah ini ada 3 rekomendasi makanan khas Mesir yang akan membuat lidahmu bergoyang. 

Kebda

Jika di Indonesia hati sapi biasa dimasak menjadi sambal goreng hati. Maka di Mesir, hati sapi diolah menjadi Kebda yang menggugah selera. Kebda merupakan cincangan hati sapi yang dimarinate dengan bumbu tradisional. 

Street food khas Alexandria ini disajikan dengan makaroni atau kentang goreng yang dilengkapi dengan acar atau salad. Sedangkan untuk take away Kebda biasa menjadi isian sandwich yang terbuat dari roti pita atau roti baguettes.

Ful Medames

Hidangan klasik dari Mesir ini biasa dimakan untuk sarapan. Namun saat Ramadhan, Ful Medames atau singkatnya disebut Ful ini, populer sebagai menu berbuka puasa. Sajian sederhana ini terbuat dari kacang fava yang dimasak perlahan dengan minyak zaitun, perasan lemon, bawang putih dan rempah – rempah lainnya. Makanan ini biasa disajikan dengan roti pita hangat yang juga digunakan untuk menyendok kacang fava tersebut. 

Falafel

sumber foto : www.finedininglovers.com

Falafel terbuat dari kacang Arab yang digiling kemudian dipadatkan menjadi bola-bola kecil lalu digoreng menggunakan minyak panas. Hidangan yang mirip kroket ini biasanya disajikan di dalam sebuah roti pipih mirip pita yang disebut lafa. 

Falafel dijual sebagai makanan siap saji di beberapa negara di Timur Tengah. Bola-bola falafel biasa ditambahi dengan selada, asinan dan acar sayuran serta saus pedas. Saat Ramadan, falafel sering dimakan sebagai hidangan untuk berbuka puasa.