CULINARY
2018-01-26 19:13:00

Omurice, Nasi Goreng Fusion Khas Jepang

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Siapa yang tak suka nasi goreng? Hampir semua orang Indonesia sangat familiar dengan menu satu ini. Bahkan kini banyak restoran yang menyajikan nasi goreng dengan resep yang berasal dari negara-negara asia lainnya. Salah satunya adalah omurice yang sudah lebih dulu dikenal di Jepang, Taiwan dan Korea. 

Makanan yang konon ditemukan pada pergantian abad ke 20 ini menggabungkan budaya memasak dari beberapa negara seperti nasi goreng Jepang, teknik pembuatan telur dadar ala Prancis, serta saus tomat atau kuah daging sapi khas Amerika. Oleh karenanya makanan ini lebih mudah dijumpai di restoran western atau izakaya di Jepang. 

Hidangan Japanese-Western influence ini berupa nasi putih yang digoreng bersama saus tomat dan dibungkus oleh telur goreng omelet. Itulah mengapa namanya omurice yang berasal dari kata omelet dan rice. Kadang juga disebut chicken rice untuk omurice dengan daging ayam dan saus tomat. Selain ayam, biasanya omurice juga menggunakan  isian udang, cumi-cumi, jamur dan bawang bombay.

Dalam proses memasak omurice, koki akan membuat nasi goreng terlebih dahulu dengan menumis daging ayam, bawang bombay, bawang putih, sayuran dan nasi putih. Kemudian lada bubuk, garam serta kuah daging sapi ditambahkan agar rasanya semakin mantap. 

Kemudian koki akan mendadar telur dengan cara orak-arik hingga setengah matang lalu digulung berbentuk almond. Lalu telur diletakkan di atas nasi goreng yang sudah ditata dalam piring saji. Dengan sebilah pisau, koki membelah telur tersebut hingga telur dadar jatuh terbuka menutupi nasi. Kemudian menyiramnya dengan kuah daging sapi dan menaburkan serbuk nori. Hmmm..., membayangkannya saja bikin ngiler, ya.

Nah, buat kamu yang ingin mencicipinya, ada beberapa restoran di sekitar Jakarta yang menyuguhkan omurice seperti Sunny Side Up, Mottomoo, Mika Japanese Bistro, Coco Ichibanya dan Zenbu House Of Mozaru. Harga yang ditawarkan mulai dari 50 ribu - 100 ribu rupiah.

Tertarik mengunjunginya ? Atau kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah?

RECOMMENDED FOR YOU