CULINARY
2018-02-15 13:48:00

Sambut Hari Valentine, Jepang Luncurkan Cokelat Halal

BY TIM EDITOR
SALIHA.ID - Bulan februari seringkali identik dengan Valentine’ Day. Di tanggal 14 februari, orang-orang memberikan cokelat sebagai tanda cinta kepada orang yang mereka sayangi.  
 
Boleh tidaknya merayakan hari Valantine masih memang menjadi kontroversi dan perdebatan di kalangan muslim. Cokelat sendiri sebenarnya tidak masalah, namun ada beberapa produsen cokelat yang memasukkan bahan non halal seperti alkohol di dalamnya. 
 
BACA JUGA:
 
Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, sebuah produsen cokelat di Jepang memproduksi cokelat yang telah dijamin  kehalalannya. Cokelat yang dijual oleh University of Tokyo ini telah mendapatkan sertifikasi halal dari lembaga nirlaba Nippon Asia Halal Association. 
 
Peluncuran cokelat halal itu bertepatan dengan perayaan hari Valentine pada Rabu 14 Februari 2018.  Nama Hanan berarti kasih sayang dalam bahasa Arab. Hanan Chocolate (cokelat kasih sayang) menggunakan bahan dasar nabati campuran susu, cokelat putih dan cokelat tanpa ada unsur hewani.
 
Di Jepang, pemberian cokelat biasanya dilakukan oleh seorang perempuan kepada laki-laki yang mereka cintai atau orang terdekat pada tanggal 14 Februari. Namun pihak laki-laki baru membalas dengan memberikan cokelat sebulan kemudian pada tanggal 14 Maret. Perayaan ini disebut White Day. Di beberapa negara muslim, perayaan hari Valentine juga dilakukan dengan saling tukar permen.
foto: japantimes.co.jp

Emi Goto, seorang profesor yang mengkhususkan dalam studi Islam modern mengatakan minoritas muslim di Jepang masih meragukan kehalalan cokelat yang beredar. Dengan adanya cokelat halal diharapkan membuat mereka merasa nyaman dalam merayakan hari kasih sayang. 

Ia juga berharap cokelat ini akan menjadi jembatan antara pemeluk agama Islam dan masyarakat Jepang pada umumnya. 

"Kami berharap melalui cokelat ini, orang akan memahami makna halal dan saling peduli alih-alih saling terpisah,” katanya kepada Kyodo News. 

BACA JUGA:

7 alasan kamu harus mulai konsumsi dark chocolate dari sekarang 

Seperti dikutip dari Kyodo News, harga satu kotak Hanan Chocolate berisi 30 cokelat halal dibandrol sebesar 1.080 yen atau sekitar Rp 135 ribu. Pembeli chocolate ini juga akan mendapatkan sebuah kartu ucapan dengan ilustrasi gambar kucing yang merupakan hewan kesayangan Nabi Muhammad. 

Meskipun Jepang sebagai negara dengan minoritas muslim, sangat mengakomodasi kepentingan umat Islam seperti penyediaan sarana ibadah salat. Maklum, mayoritas turis asing yang melancong berasal dari negara-negara muslim di Asia Tenggara. Masjid tumbuh subur di negara terkenal dengan julukan Negeri Matahari Terbit ini.

Berdasarkan data dari Japan National Tourism Organization, jumlah turis asing terbesar dari Asia Tenggara adalah Indonesia dan Malaysia.  Pada 2017, jumlah wisatawan asal Indonesia meningkat 30 persen menjadi 352.200 orang. Sementara wisatawan asal Malaysia meningkat 11,5 persen menjadi 439.500 orang.

Gimana, ingin mencicipi Hanan Chocolate, Sahabat Saliha?


Artikel ini merupakan kiriman kontributor Setiawan Adiwijaya, Bogor.
 
RECOMMENDED FOR YOU