CULINARY
2018-05-17 12:36:00

Hindari Makanan Ini Agar Fit Saat Puasa

BY MEDIA SARI

Lemas karena menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam, bukan alasan bagi muslimah untuk bermalas – malasan. Nah, biar badan tetap bugar dan fit selama berpuasa, ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari saat berbuka atau sahur. 

Makanan tinggi lemak dan garam 

Sajian bersantan dicampur daging berlemak memang lezat. Namun sebaiknya dihindari saat puasa, karena makanan berlemak dan berminyak, sulit dicerna tubuh hingga menyebabkan tubuh lesu. Tak hanya itu, mengonsumsi terlalu banyak makanan berkadar garam tinggi seperti telur asin ketika sahur, juga dapat meningkatkan rasa haus pada saat puasa. 

Makanan pedas

Sambal memang membuat citarasa makanan lebih menggiurkan. Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dapat merangsang pengeluaran asam lambung yang berlebih. Hal ini menyebabkan proses pencernaan terganggu hingga menyebabkan sakit perut. 

Makanan manis

Saat berbuka memang dianjurkan mengonsumsi makanan manis untuk mengembalikan kadar gula tubuh. Namun sebaiknya pilih rasa manis alami seperti dalam kurma dan buah – buahan segar. Makanan dengan kadar gula tinggi memicu diabetes serta cepat membuat tubuh lemas.

Minuman berkafein

Hindari mengonsumsi kopi dan teh saat sahur karena mengandung kafein yang bersifat diuretik. Hal ini akan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat karena sering buang air kecil. Sebaiknya perbanyak minum air putih atau mengonsumsi air kelapa yang dapat segera mengembalikan cairan tubuh. 

Nah, ada baiknya kamu menghindari makanan diatas selama ramadhan. Jika ingin mengonsumsinya cukup sedikit saja dan jangan berlebihan ya.