CULINARY
2018-04-09 15:19:00

Kemenpar Tetapkan Soto Sebagai Nasional Food

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah, Indonesia menawarkan ratusan kuliner bercita unik nan lezat. Bukan hanya keindahan alamnya, setiap rasa dari sepiring sajian masakannya memberikan sentuhan khas bumi pertiwi.

Ada begitu banyak menu dari berbagai daerah yang kita kenal, mulai dari rendang, nasi uduk, ketoprak, gado-gado, sampai sate. Hal ini rupanya membuat problematika  yang membuat Indonesia belum memiliki makanan khas yang ditonjolkan, layaknya sushi milik Jepang atau Tom Yam milik Thailand.

Soto Madura

Melihat hal itu, Kementrian Pariwisata dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) telah menyepakati ada lima menu yang dijadikan sebagai nasional food untuk diperkenalkan pada masyarakat internasional. Di antaranya, rendang, soto, nasi goreng, sate, gado-gado. Nah, dari kelima menu itu, soto menjadi menu andalannya.

Soto Ayam

"Kami sepakat untuk menjadikan soto sebagai nasional food karena Indonesia memiliki sekitar 72 varian soto dari berbagai daerah serta melihat tingginya konsumsi soto pada masyarakat setiap harinya," ungkap Arief Yahya selalu Mentri Pariwisata di Jakarta.

Selain itu, makanan yang berisikan sayuran kol, toge, bihun, potongan ayam, daging, jeroan ditambah kuah bening atau bersantan ini mencerminkan akulturasi budaya Indonesia.

RECOMMENDED FOR YOU