CULINARY
2018-04-05 17:04:00

Kontroversi Rendang Crispy, Ini Pendapat Chef

BY DEE

SALIHA.ID - Warganet Indonesia dan Malaysia seringkali berselisih paham tentang banyak hal, mulai dari klaim budaya batik, angklung, hingga lagu Rasa Sayange. Namun ternyata ada satu hal yang menyatukan dua negara, ditambah lagi dengan Brunei dan Singapura, yaitu masalah masakan. Lebih tepatnya, rendang.

Berawal dari Minangkabau, rendang kemudian menyebar ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Rendang sendiri dinobatkan sebagai makanan paling enak dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods yang dibuat oleh CNN.

Zaleha Kadir Olpin, peserta MasterChef UK keturunan Malaysia kemudian menghadirkan rendang dalam wujud ayam rendang yang berpadu dengan nasi lemak. 

Kepada telegraph.uk, Zaleha menyatakan bahwa ia memasak nasi lemak karena, "Ada penjual nasi lemak di depan sekolah saya yang sangat enak, jadi saya menabung agar bisa membeli nasi lemak tersebut setiap Jumat. Masakan ini sangat spesial bagi saya."

Masakan Zaleha ini kemudian dikritik Gregg Wallace hingga Zaleha akhirnya tersingkir dari persaingan.

"Saya suka rasa rendang, ada kemanisan santan kelapa di dalamnya. Meski demikian, kulit ayamnya tidak renyah (crispy). Ini tidak bisa dimakan dan seluruh saus-nya ada di kulit, jadi saya tidak bisa memakannya."

Hal ini yang kemudian menyulut kehebohan di kalangan warganet dari empat negara. Bukan karena tersingkirnya Zaleha, namun karena komentar juri yang menyebutkan keharusan kulit ayam rendang yang crispy.  

Menurut Chef Adi dari Sekolah Masak Arkamaya, secara tradisi memang tidak ada ayam rendang crispy dalam kasanah kuliner Indonesia ataupun Malaysia. 

"Sebenarnya di dunia chef tidak ada yang tidak mungkin. Hanya saja teknik pemasakannya harus sesuai dengan apa yang diinginkan. Tentunya, jika ingin membuat crispy, tentunya rendangnya dibuat terlebih dahulu. Lalu diluncurkan dengan bumbu crispy dan digoreng. Semua pasti harus dipikirkan dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal."

Hmm, ingin mencoba membuat rendang crispy, Sahabat Saliha?

RECOMMENDED FOR YOU

SUBCRIBE TO THE NEWSLETTER

Segala bentuk informasi yang Anda dapatkan dalam website ini telah terverifikasi dengan baik, sehingga kebenaran nilai informasi yang terkandung di setiap berita dapat dipertanggungjawabkan oleh pihak PT Ikra Tama Mandala.