CULINARY
Pemandangan Teluk Penyu, Cilacap. Foto: Shutterstock
2018-03-13 17:21:00

3 Kuliner Khas Cilacap Wajib Dicoba

BY TIM EDITOR

SALIHA.ID - Mendengar Cilacap langsung terbayang dengan bahasa ngapaknya yang khas. “Ora ngapak ora kepenak” (tidak bicara ngapak tidak enak). Pernah kan mendengar kalimat itu? Yaa... Cilacap memang terkenal dengan bahasa ngapaknya. Gaya bicara yang terkesan ceplas ceplos dengan logat yang cepat dan juga ngapaknya yang khas. Komunitas ngapaknya mulai menjamur dimana-mana, karena banyak  yang merantau  keluar daerah.

Selain bahasa ngapaknya, Cilacap terkenal dengan camilan khasnya nih, sale pisang, lanting, dan gembus. Apa saja sih? 

Sale Pisang 

“Pernah dengar, sale pisang?”  Sudah pernah mencobanya? Rasanya yang manis legit, dan kriuk renyah di tepungnya. Sale pisang ini berbahan dasar pisang pastinya. Pisang yang sudah matang dan tepung beras untuk lapisan saat menggorengnya. Satu buah pisang diiris tipis, dijemur sampai kering.

Setelah kering siap untuk digoreng dengan dilapisi tepung beras. Tapi ada juga yang digoreng tanpa tepung, lebih crispy pisangnya, karena digoreng garing. Atau ada juga sale pisang basah, setelah dijemur, ya, langsung dikemas tanpa digoreng terlebih dahulu. Penasaran mau coba yang mana?    

Lanting

“Bagaimana dengan lanting?” Lanting berbahan dasar singkong. Singkong terlebih dahulu dikukus hingga matang, lalu dihaluskan dicampur dengan bawang putih, ketumbar, dan garam. Uleni hingga hingga tercampur semua. Kemudian pilin menyerupai tali.

Foto: wikipedia

Jika ada alatnya, bisa menggunakan mesin giling agar lebih cepat dan praktis. Kalau ingin berwarna, ambil sebagian adonan dan diberi pewarna makanan. Potong adonan dan buat menyerupai angka delapan. Atau bisa juga hanya dibuat bulatan. Setelah selesai semua adonan, dijemur sampai benar-benar kering. Lanting siap goreng dan disantap ditemani teh manis.

Gembus

“Kalau Gembus?” Berbahan dasar singkong juga. Singkong yang diparut dan diperas airnya. Air endapan dibuang dan ambil endapannya saja (aci namanya). Campur singkong parut tersebut bersama aci dtambahkan garam dan ketumbar. Kemudian dikukus sampai matang, kurang lebih 30 menit. Lalu angkat dan ditumbuk sampai halus.

Ambil gembus yang sudah ditumbuk halus, letakkan dalam wadah yang datar dan ratakan. Kemudian dinginkan dan potong memanjang sambil ditaburi tepung tapioka agar tidak lengket. Gembus mentah siap untuk digoreng atau disimpan untuk beberapa hari, baru digoreng.

Karena gembus juga sama namanya dengan  gembus yang berasal dari ampas tahu. Maka gembus camilan ini dinamakan gembus goreng, dan untuk gembus dari ampas tahu dinamakan tempe gembus. Pembuatan gembus goreng yang tanpa menggunakan air, tentunya bisa bertahan lama. Cocok sekali untuk buah tangan kerabat, dibawa dalam kondisi mentah. Jadi tetap bisa dinikmati dalam keadaan hangat baru selesai digoreng.

Nah....  Jika lewat atau saat berkunjung ke Cilacap, jangan lupa untuk mencicipi sale pisang, lanting, atau gembus. Dan jangan lupa  membawanya pulang untuk oleh-oleh kerabat di rumah. Dijamin aman  membawanya, tanpa takut basi, karena camilan ini tahan lama.

Tulisan ini merupakan kiriman kontributor Purwani W, Cikarang. 
RECOMMENDED FOR YOU