CULINARY
2018-01-12 18:16:00

Apa Sih Bedanya Cold Pressed Juice dengan Juice Biasa?

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Kamu pasti pernah dengar dong yang namanya cold pressed juice. Konon jus jenis ini dianggap lebih bergizi dibandingkan jus yang dihasilkan dari mesin juicer biasa. Meski belum terbukti secara ilmiah dan dibandrol dengan harga yang mahal, cold pressed juice digemari oleh orang-orang yang menerapkan gaya hidup sehat. Tapi apa sih bedanya cold pressed juice dengan jus biasa?

Juicer mengekstrak sari buah dari ampasnya menggunakan pisau berbahan logam dengan kecepatan tinggi. Sebagian orang beranggapan, gerakan pisau yang secepat kilat ini, menghasilkan panas yang dapat merusak enzim dan vitamin yang terdapat dalam buah. Selain itu karena dikoyak dengan pisau, buah jadi lebih banyak terkena udara yang membuat proses oksidasi berlangsung lebih cepat hingga mengurangi gizi buah.

Sedangkan cold pressed juice menggunakan mesin yang disebut masticating juicer dimana cara kerjanya tidak mencabik-cabik namun melumatkan buah untuk mengeluarkan sarinya. "Cold press itu seperti 'mengunyah' tanpa menghancurkan sayuran atau buah itu sendiri. Jadi benar-benar kayak gigitan manusia. Dia tidak menghancurkan tapi melumatkan," ungkap Chrysansia Chitra.

Baca Juga : Resep Green Juice Ala Selebritis Hollywood

Perempuan yang berprofesi sebagai chef tersebut berpendapat bahwa pisau yang digunakan dalam masticating juicer tidak menghasilkan panas (oleh karenanya disebut cold press juice). Inilah yang membuat enzim dan vitamin dalam buah tetap terjaga. Selain itu masticating juicer juga dapat menghasilkan jus dan pulp lebih banyak daripada jus biasa sehingga teksturnya lebih kental dan kandungan seratnya lebih tinggi.

Keunggulan lainnya adalah masticating juicer bisa memproses sayuran berdaun dan kacang-kacangan sehingga bisa menghasilkan jus hijau serta susu kacang. Kemampuan ini tidak dimiliki mesin jus biasa. Namun harga mesinnya yang cenderung mahal membuat cold pressed juice dijual lebih mahal daripada jus biasa. 

Bagaimana kamu tertarik nyobain cold pressed juice?

RECOMMENDED FOR YOU