Dibawah ini produk bioteknologi asli indonesia kecuali

Dibawah ini produk bioteknologi asli indonesia kecuali

Di bawah ini produk bioteknologi asli Indonesia kecuali

a.tahu
b.tempe
c.kecap
d.roti

Jawaban

a. tahu

 

Penjelasan

Bioteknologi merupakan suatu ilmu yang menerapkan prinsip ilmiah dan kerekayasaan untuk penanganan dan pengolahan bahan mentah dengan bantuan makhluk hidup mikroorganisme. Bioteknologi berdiri karena adanya beberapa ilmu dasar yang menjadi pedomannya contohnya adalah kehadiran ilmu biokimia, ilmu genetika, dan ilmu kimia. Ketiga ilmu tersebut berperan sebagai dasar penerapan metode bioteknologi pada suatu hal. Ilmu biokimia berpengaruh untuk mengetahui bagaimana reaksi bio dan kimia pada suatu produk, lalu ilmu genetika membantu dalam hal mengetahui bagaimana struktur genetik pada suatu bahan yang dapat dimodifikasi dan pada ilmu kimia berguna sebagai dasar reaksi kimia yang dapat terjadi pada suatu bahan. Bioteknologi sangat bermanfaat bagi manusia salah satunya pada bidang pengolahan bahan pangan, bioteknologi dapat membantu dalam menciptakan suatu makanan baru yang melibatkan mikroorganisme seperti jamur, bakteri, dan kapang.

a. tahu (Jawaban salah)

Tahu merupakan makanan berbahan dasar kedelai asal indonesia, dalam pembuatannya masyarakat menggunakan asam asetat atau cuka sebagai penggumpal whey kedelai agar bisa terbentuk tahu

b. tempe (Jawaban salah)

Tempe adalah makanan khas indonesia yang berasal dari kedelai, dimana Rhizopus oligosporus sering dimanfaatkan dalam pembuatan tempe hal ini dikarenakan rhizopus oligoporus menghasilkan enzim fitase.

c. kecap (Jawaban salah)

Kecap adalah bahan penambah rasa untuk makanan yang berasal dari indonesia, ia terbuat adari proses fermentasi kacang kedelai. Aspergillus wentii berfungsi dalam pembuatan kecap yaitu membantu proses pengubahan protein kompleks menjadi asam amino. Aspergillus wentii akan merombak protein menjadi asam-asam amino, komponen rasa, asam, dan aroma khas.

d. roti (Jawaban benar)

Roti adalah makanan yang berasal dari mesir, berbahan dasar tepung atau gluten yang difermentasi dengan bantuan mikroorganisme ragi.

BACA JUGA  Lukisan dengan potongan kayu tipis dengan teknik ditempelkan dinamakan

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa produk bioteknologi yang bukan asli Indonesia adalah d. roti