CULINARY
Kuliner Belalang khas Gunung Kidul, disantap sejak zaman Nabi Muhammad SAW.
2017-10-10 09:00:00

Belalang, Kuliner Gunung Kidul yang Disantap Rasulullah Saat Berperang

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Indonesia memiliki kuliner unik untuk disantap, salah satunya adalah daging belalang. Warga di salah satu desa di Yogyakarta sering menjajakan dan mengonsumsi serangga ini. Sebagian berkata enak, sebagian masih merasa ragu untuk memakannya.

Bagaimana dengan sahabat Saliha, apakah suka? Hidangan unik ini bisa dijumpai saat berkunjung ke Gunung Kidul karena merupakan kuliner khas daerah tersebut. Namun jangan salah, belalang tidak hanya menjadi hidangan khas di Indonesia saja, lo. Faktanya, makanan ini sudah lebih dahulu disantap di zaman Nabi Muhammad SAW.

Percaya atau tidak, daging belalang merupakan makanan yang dibawa oleh Rasululah dan sahabat-sahabatnya saat sedang berperang melawan musuh. Beliau membawa serangga ini sebagai stok persediaan makanan. Tidak sekali saja, tetapi beberapa kali peperangan, seperti yang disebutkan dalam hadits berikut:

Abdullah bin Abu Aufa berkata, "Kami pernah berperang bersama Rasulullah SAW dalam tujuh kali peperangan, di mana kami makan daging belalang." (H.R. Bukhari).

Umat Muslim diperbolehkan menyantap belalang, sekalipun sudah menjadi bangkai. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW, “Kami dihalalkan dua bangkai dan darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa.”  (HR. Ahmad 2:97 dan Ibnu Majah no. 3314.). Jadi, tidak perlu ragu untuk menyantap serangga ini.

Dibalik ukurannya yang kecil, belalang menyimpan banyak khasiat untuk tubuh kita. Serangga ini dapat memberikan asupan protein yang tinggi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Terdapat pula beragam jenis mineral seperti kalsium dan magnesium, kaya vitamin A dan C, hingga kandungan asam folat. 

Disebutkan juga dalam Buku Pintar Kedokteran Naib karya Ibnu Qayyi Al-Jauziyah bahwa daging belalang dapat menuntaskan masalah buang air kecil bagi wanita, mengobati ambeien, bahkan dapat menyembuhkan luka sengatan kalajengking.

Bagaimana, masih merasa ragu untuk mencoba daging belalang?