CULINARY
2018-03-30 17:00:00

Lezatnya Knafeh, Kudapan Khas Timur Tengah

BY TIM EDITOR

SALIHA.ID - Bagi sahabat Saliha penyuka makanan manis, tidak ada salahnya mencoba knafeh jika kelak sahabat berkesempatan berkunjung ke Timur Tengah. Rasa manis knafeh akan melekat sampai ke hati sahabat, lho. Knafeh ini seperti kudapan wajib di negara-negara Timur Tengah.

Knafeh ini awalnya dikenal sebagai makanan tradisional dari Palestina, tepatnya dari daerah Nablus yang ditemukan pada abad ke-10. Karena kelezatannya, knafeh ini dapat terkenal hingga negara-negara Timur Tengah lainnya, seperti Arab Saudi, Yordania, hingga sampai luar Timur Tengah, seperti Turki, Azerbaijan, dan bahkan Yunani.  

Sebenarnya, apa sih knafeh itu? Knafeh itu semacam pastry keju dengan isian olahan keju putih yang lembut, butter, kelapa, kacang pistachio, dan ada yang disiram dengan sirup mapple. Akan tetapi, knafeh juga dapat divariasikan, misalnya kelapa diganti dengan gandum hingga menghasilkan rasa manis dan gurih. Ada juga knafeh yang dipenuhi kelapa tanpa keju, dan knafeh ini terkenal sebagai Knafeh Arab. Knafeh yang diisi keju putih gurih sering disebut sebagai Knafeh Nablus. Knafeh Nablus inilah yang menjadi primadona di antara jenis knafeh lainnya.         

Sahabat akan merasakan sensasi yang unik saat memakan knafeh. Knafeh akan terasa crunchy di luar, terutama jika knafeh itu dilengkapi serutan keju panggang. Selanjutnya, kelembutan knafeh akan terasa di bagian dalam. Knafeh ini cocok dijadikan kudapan pada pagi hari, siang, sore, ataupun malam bersama teh hangat, mengingat orang Timur Tengah sangat menggemari teh. Biasanya knafeh disajikan dalam loyang bulat yang kemudian akan dipotong kotak-kotak atau dipotong berbentuk segitiga seperti layaknya pizza. 

Knafeh ala Turki. Foto: Esin Deniz/Shutterstock

Di luar Timur Tengah, seperti di Turki, knafeh umumnya lebih polos, berwarna kemerahan, dibentuk seperti dua lapisan. Kejunya juga bervariasi, tidak selalu keju putih yang lembut. Keju diletakkan pada bagian di antara dua lapisan itu. Kemudian, knafeh akan disiram dengan sirup manis.

Sementara itu, di Azerbaijan, untuk isian knafeh dapat digunakan olahan jahe dan cinnamon. Apapun variasinya, knafeh tetap lezat, bahkan knafeh dapat divariasikan menjadi knafeh red velvet, hingga knafeh nutella. Mengingat banyaknya kue lezat semakin semarak di Indonesia, bukan tidak mungkin knafeh suatu saat juga meraih hati masyarakat Indonesia. Yuk, kita coba lezatnya knafeh!

 

Wulan Wahyuning Ratri adalah penyuka abaya, warna hitam, dan segala hal indah tentang Timur Tengah. Wulan dapat dihubungi melalui FB: Wulan Wahyuning Ratri ataupun IG: @wulanwahyuningratri1881.