CULINARY
Sumber foto : weresepmasakan.blogspot.co.id
2017-07-20 18:02:00

Sate Kere, Kuliner Khas Solo Favorit Jokowi

BY MEDIA SARI

SALIHA - Jika biasanya kamu mengenal sate yang terbuat dari daging ayam atau kambing. Ternyata ada juga lo, sate yang terbuat dari tempe gembus namanya Sate Kere. Kuliner khas Solo ini rupanya favorit orang nomer satu di Indonesia, siapa lagi kalau bukan Pak Jokowi.

Cara pembuatan sate ini cukup mudah. Ampas sisa pembuatan tahu atau tempe gembus direndam dalam bumbu bacem dan dibakar, lalu disajikan dengan irisan lontong dan guyuran sambal kacang. Selain terbuat dari tempe gembus, Sate Kere juga terbuat dari jeroan sapi seperti paru atau usus. 

BACA JUGA:

Colenak, Kudapan Manis dari Tanah Parahyangan

Cobain Papeda Yuk, Makanan Unik Khas Papua

Tempoyak, Durian Fermentasi Khas Jambi

Sejatinya tempe gembus adalah makanan ternak, namun di tangan Yu Rebi pemilik warung Sate Kere yang paling populer di Solo, makanan ini menjadi hidangan yang sangat lezat. Warung Yu Rebi terletak di Jalan Kebangkitan Nasional dan sudah berdiri sejak tahun 1986.

Seporsi Sate kere dibandrol dengan harga Rp10ribu Jika dicampur dengan sate sapi maka menjadi Rp30 ribu. Saking ramainya pembeli, Yu Rebi pun menambah kios di sentra wisata kuliner Gladak Langen Bogan (Galabo) sebelah selatan Benteng Vastenberg. Semuanya dikelola oleh anak-anak Yu Rebi namun tetap mempunyai resep yang sama. Menurut cerita Yu Rebi, Pak Jokowi pernah mengajak Bu Megawati Soekarnoputri makan di sini. 

Konon, Sate Kere muncul sebagai bentuk perlawanan dari masyarakat bawah terhadap kalangan atas pada zaman feodal. Sate daging dianggap makanan mewah yang hanya disantap oleh orang-orang kaya. Akhirnya masyarakat miskin atau 'kere' membuat versi lain dengan menggunakan tempe atau jeroan. Wah! Ternyata makanan unik ini memiliki nilai sejarah juga ya.

Bagaimana? Sahabat Saliha tertarik berkunjung ke kota Solo dan mencicipi Sate Kere ini?

RECOMMENDED FOR YOU