FASHION
MUFFEST 2018, Persiapkan Indonesia Jadi Kiblat Busana Muslim Global
2018-04-20 16:09:00

MUFFEST 2018, Persiapkan Indonesia Jadi Kiblat Busana Muslim Global

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - "Industri kreatif, termasuk fashion muslim, memiliki masa depan yang cerah. Setiap keliling dunia, banyak orang yang menyampaikan kekaguman masyarakat negeri itu akan busana muslim Indonesia. Kini, tinggal bagaimana kita menjadikan Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia," ujar Presiden Joko Widodo dalam pidato sambutannya pada pembukaan acara Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2018 di Jakarta Convention Center, (19/4).

Busana muslim, atau modest fashion, sedang menjadi sebuah tren yang digandrungi masyarakat internasional. Beberapa brand besar dari Eropa, misalnya, sudah mulai memasarkan koleksinya dengan menggunakan branding modest. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi target pemasaran dari perusahaan luar negeri itu. Sedangkan di sisi lain, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pusat tren berbusana sopan ini, baik di pasar negeri sendiri maupun secara global.

Karena itu, Indonesian Fashion Chamber (IFC) kembali menghelat Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia 2018. Pagelaran yang ketiga kalinya ini hadir dengan peningkatan kualitas agar dapat menjadi tolak ukur dan menjadi destinasi belanja busana muslim dunia.

"Melalui MUFFEST, diharapkan seluruh pihak dan stakeholder terkait dapat saling berintegrasi, bersinergi, menciptakan kerja sama yang efektif dan berkelanjutan, memperkuat strategi yang terarah untuk mencapai tujuan itu," ujar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC).

MUFFEST 2018 yang berlangsung mulai dari tanggal 19-22 April ini akan menggelar sedikitnya 400 merk busana muslim yang memamerkan koleksi mereka. Semua terbagi ke dalam beberapa kategori, seperti syari, kids, men's wear, hingga wedding. Juga, ada 100 desainer dan merk yang menggelar peragaan busana, sesuai dengan Trend Forecasting 2018/2019.

Selain itu, ada juga desainer muda yang tergabung dalam Modest Young Desaigner Competition (MYDC). Ini merupakan bentuk kolaborasi antara MUFFEST dengan ZOYA, yang akan menampilkan kreasi dan inovasi mereka. Juga, ada acara Next Face MUFFEST 2018 yang merupakan ajang pemilihan ikon acara ini.

Terakhir, ada kompetisi makeup dan hijab yang didukung oleh Wardah. 

RECOMMENDED FOR YOU