FASHION
2017-12-04 14:45:00

Ria Miranda Hadirkan Koleksi Ramah Lingkungan dalam 'Eucaflora'

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Ada banyak hal yang bia dilakukan demi mendapatkan inspirasi yang luar biasa. Salah satunya karya terbaru yang dihadirkan desainer kenamaan yang kental dengan nuansa pastel, Ria Miranda. Kali ini Ria hadir dengan koleksi yang menekankan unsur back to nature. Perempuan berdarah minang ini berhasil memanfaatkan sisa bahan-bahan buah dan bunga menjadi sebuah maha karya.

Mengusung tema Eucaflora, Ria ingin membuktikan bahwa bahan-bahan alami dan daur ulang juga bisa menjadi sesuatu hal yang bernilai. Sekitar tujuh bulan lalu, Ria menjelajah pelosok pasar Rawa Belong, demi mencari sisa bunga dan buah. Seperti, bunga hydrangea, lili, bunga matahari, mawar, anggrek dan kulit alpukat beserta cangkangnya.

Bukan hanya itu, perempuan yang akrab disapa Uni ini juga menggunakan bumbu-bumbu dapur, seperti jahe, cengkeh, dan kayu manis sehingga menghasilkan banyak warna. Bahan-bahan alami ini dipadukan dengan kain-kain dasar, serat dari kayu eucalyptus, karena itu nama koleksinya Eucaflora. Ini sangat ramah lingkungan, tanpa menggunakan bahan polyester sama sekali.

Sekitar 20 koleksi busana Eucaflora ini melewati proses yang begitu panjang. "Koleksi saya kali ini memang mengedepankan unsur ramah lingkungan. Makanya saya tidak ragu untuk menelusuri pasar Rawa Belong termasuk para penjual jus buah", ungkapnya.

Untuk mendapatkan warna yang sesuai, ia juga mengulang beberapa kali hingga mendapatkan kualitas yang diinginkan. Terbuat dari bahan-bahan alami, menjadikan koleksi Eucaflora memiliki tantangan tersendiri. Busana ini tidak bisa dicuci sembarangan menggunakan deterjen maupun sabun lainnya.

Ria menyarankan untuk merendamnya saja saat proses pencucian dan menghindari pengeringan dengan mesin maupun terpapar langsung dengan matahari. Bahkan, saat disetrika pun, busana ini tidak boleh terkena suhu yang terlalu panas dan harus dilapisi dengan kain.

Bagi Ria, karya terbarunya ini juga sebagai bentuk kecintaanya terhadap lingkungan sekitar dengan mengurangi penggunaan bahan-bahan tekstil kimia. Delapan dari 20 koleksi Eucaflora akan dibawa dalam ajang fashion bergengsi Dubai Modest fashion Week 2017 yang berkolaborasi dengan Wardah pada 5-9 Desember 2017 di Dubai, Uni Emirat Arab. 

RECOMMENDED FOR YOU