FASHION
Saat mengalami bad hijab day, kemungkinan kamu melakukan kesalahan kecil ini
2017-11-08 12:23:00

Ups, 7 Kesalahan Berhijab yang Harus Dihindari Hijabers

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Bagi para hijabers, tidak ada yang namanya "bad hair day" atau hari buruk untuk rambut mereka. Namun, bukan berarti tidak ada hari buruk lainnya untuk hijab. Sebab terkadang, justru lebih tidak nyaman saat mengalami "bad hijab day". Entah, rasanya ada yang aneh dengan hijab di hari itu.

"Bad hijab day" boleh jadi terjadi karena ada beberapa kesalahan kecil yang dilakukan oleh kita, sahabat Saliha. Apa saja, ya?

1. Tidak mengenakan ciput

Dalam hijab yang biasa disebut ciput, tidak hanya membantu membentuk wajah, tetapi juga menjaga hijab tetap pada tempatnya. Ketika lupa mengenakan ciput, hijab akan terasa licin karena bersentuhan dengan rambut secara langsung. 

2. Ciput terasa ketat di kepala
Rasanya seharian ini kok kepala pusing. Ternyata penyebabnya adalah ciput kita. Ada beberapa ciput, seperti terbuat dari spandex, yang dibuat terlalu ketat sehingga malah membuat kepala pusing. Tambahkan dengan kacamata kita. Kelar deh hari kita. Pemecahannya? Coba lihat apakah ada hiasan atau kerutan ciput yang bisa kamu bongkar untuk meringankan sakit kepala. Next time, carilah ciput bahan renda atau rajut yang tidak membuat kepala pusing.

3. Hijab yang terasa pendek

Hijab terasa pendek dan tipis akan menimbulkan perasaan khawatir akan aurat yang dapat terlihat kapan saja. Juga, hijab yang pendek akan sulit untuk dikreasikan dalam berbagai gaya. Jadi, malah tidak nyaman, deh. 

4. Hijab lupa disetrika

Menyetrika hijab tidak hanya membuatnya lebih rapi, tetapi juga membantu menjaga bahan kain tetap lembut dan tidak mudah rusak. Hijab yang disetrika lebih nyaman untuk digunakan dan lebih rapi saat dikenakan. Berbeda dengan hijab yang tidak disetrika, akan terdapat corak lipatan yang dapat mengganggu penampilan.​

5. Ikat rambut terlalu tinggi

Atau menggunakan ikat rambut berbahan tebal, keduanya dapat membuat sahabat Saliha merasa tidak nyaman. Rambut yang terikat bisa terasa kencang, dan ciput juga terasa menarik rambut. Alhasil, timbul perasaan risih pada hijab selama seharian.

6. Hijab berlapis-lapis

Memang tidak dilarang, namun mengenakan hijab berlapis-lapis dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada kepala. Apalagi jika cuaca sedang terik, lapisan hijab yang tebal ini dapat memunculkan rasa panas dan berat. Jika memungkinkan, buat gaya hijab menggunakan satu scarf dengan bahan yang tidak menerawang. Lebih praktis dan juga nyaman. 

7. Peniti mendadak copot sendiri

Sedang asyik tertawa bersama teman ketika mendadak peniti hijab di dekat leher terbuka sendiri. Duh, menyebalkan sekali. Kita terpaksa memegangi jilbab agar aurat tidak terlihat serta cari momen untuk keluar ruangan guna memperbaiki hijab. Kita buru-buru deh harus membongkar ulang hijab kita. Solusi? Coba deh next time kita pasang dua peniti pengikat jilbab. Jadi kalau satu gagal, ada nih back up system-nya. Atau mau lebih aman? Pakailah hijab instan. 

Jika saat ini sedang merasa mengalami "bad hijab day", mungkin salah satu dari lima hal ini menjadi penyebabnya. Yuk, hindari rasa tidak nyaman saat berhijab, dengan begitu kamu akan lebih percaya diri dengan penampilanmu. 

RECOMMENDED FOR YOU