FASHION
2018-07-12 14:52:00

Pakai Kaftan saat Sesi Bikini Miss Universe, Ini Profil Muna Jama

BY TIM LIPUTAN

SALIHA - Prinsipnya yang kuat terhadap agama Islam yang dianutnya membuat Muna Jama (27) menolak mengenakan bikini di ajang pemilihan Miss Universe Inggris yang digelar tahun lalu.

Awalnya, Muna menulis surat kepada panita Miss Universe Inggris 2017 agar bisa diizinkan mengenakan kaftan saat sesi swimwear yang identik dengan bikini. Dia tak mungkin menentang keyakinan agamanya dengan memakai bikini hanya untuk mendulang nilai dari dewan juri.

Surat permohonan Muna ternyata dikabulkan oleh panitia. Muna mencatat sejarah sebagai peserta Miss Universe pertama yang mengenakan kaftan yang longgar dan tertutup pada sesi swimwear.

Penampilannya begitu kontras dengan peserta lainnya yang memakai baju renang two pieces, yang menonjolkan keelokan tubuh mereka.

Siapa Muna Jama? Muna adalah warga London keturunan Somalia. Orang tuanya pindah ke Inggris tahun 1898. Latar belakang Muna yang menjadi imigran membuat dia fokus pada masalah perempuan, anak dan imigran dan mendirikan Cloudless Research, sebuah lembaga penelitian yang fokus pada kasus pencegahan imigran ilegal. Selain itu Cloudless Research juga aktif melakukan kegiatan untuk mencegah penyiksaan anak dan perempuan di Afrika Timur.

Di akun Instagramnya Muna mengunggah foto-foto saat mengikuti ajang Miss Universe Inggris 2017. Salah satunya saat dia mengenakan kaftan di sesi berjalan di catwalk dengan bikini. Dalam unggahan itu, dia juga berkomentar soal pilihannya menolak mengenakan bikini.

"Dibutuhkan keberanian, ketahanan emosional dan yang paling penting mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang berpikiran kuat, yang siap untuk berkorban besar untuk menyambut perubahan permanen dan positif," tulis Jama di bawah fotonya saat dia mengenakan kaftan, dengan latar seorang peserta Miss Universe Inggris yang memakai bikini.

Muna memang tidak menang sebagai juara di kontes kecantikan itu, namun rupanya dia memperoleh pengalaman di luar ekspektasinya, yaitu melewati keterbatasan.

"Saat ini telah membuktikan bahwa saya mampu melakukan hampir semua hal yang saya pikirkan dan keterbatasan adalah status yang menunggu untuk diubah. Saya berterima kasih kepada semua orang yang berdiri di sampingku dan percaya pada visiku," ungkapnya.

Muna bisa terpilih menjadi finalis bukan hanya karena kecantikannya. Muna memiliki visi yang mulia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan krisis mingran yang terjadi saat ini. Dia merasa sedih dengan kondisi pengungsi yang ada di Somalia saat ini, terlebih anak-anak dan perempuan yang tidak bisa hidup dengan layak. Dengan mengikuti ajang ini, Muna berharap masyarakat dunia bisa sadar dan lebih peduli terhadap masalah pengungsi.

Meski tak menyabet juara di ajang Miss Universe Inggris 2017, Muna cukup puas, bahkan dia merasa seperti menjadi pemenang.  Gelar juara disabet oleh Anna Burdzy. Pemenang akan bertarung dalam kontes Miss Universe tingkat internasional.

"Saya bangga berbagi panggung dengan semua wanita luar biasa ini. Untuk ini saya merasa seperti seorang pemenang," ujarnya.

RECOMMENDED FOR YOU