Perancangan dilakukan oleh seorang desainer produk yang diawali dengan kegiatan

Perancangan dilakukan oleh seorang desainer produk yang diawali dengan kegiatan

Perancangan dilakukan oleh seorang desainer produk yang diawali dengan kegiatan

 

Jawaban

Perancangan dilakukan oleh seorang desainer produk yang diawali dengan kegiatan memformulasikan hasil marketing research.

 

Pembahasan

Berikut ini ialah merupakan tahapan-tahapan kegiatan desain produk :

  1. Memformulasikan hasil marketing research : Adapun yang menjadi titik tolak dalam tahapan kegiatan desain produk yang diinginkan pelanggan, produk desainer dapat memperoleh data dari riset pemasaran yang langsung berhubungan dengan pelanggan. Riset ini dilakukan baik untuk produk yang betul-betul baru maupun untuk produk yang sudah ada.
  2. Penciptaan ide : Tahapan awal bagi kita dalam menentukan produk yang ingin diciptakan. Dalam tahapan ini biasanya kita memikirkan ide tentang produk apa yang ingin kita buat. Baik produk tersebut sudah ada di pasaran atau belum.
  3. Membuat sketsa : Dalam membuat sketsa, bentuk dari produk yang akan dibuat akan terlihat jelas satu dengan yang lainnya. Sketsa tersebut dibuat untuk mempermudah dalam pembuatan gambar kerja atau blue print, sketsa dari masing-masing produk walaupun sketsa ini tidak menunjukkan ukuran-ukuran yang sebenarnya, tapi dapat terlihat dalam skalat perbandingan.
  4. Membuat prototipe : Pada tahapan ini kita mulai membuat serta menguji ide yang telah terbentuk hingga menjadi sebuah produk yang berkualitas dan sesuai dengan harapan.
  5. Pengembangan strategi pemasaran : Tahapan kita dalam membuat dan menyusun strategi pemasaran efektif yang dapat digunakan dalam memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen.
  6. Analisis usaha : Dalam tahapan ini adalah kita melihat dan menganalisa apakah produk yang telah dipasarkan dapat memperoleh keuntungan atau tidak.
  7. Pengembangan produk : Pada tahapan ini kita mulai mengembangkan produk yang telah dikonsep menjadi sebuah produk yang sesuai dengan hasil analisis yang telah dilakukan sebelumnya.