FASHION
2018-02-23 13:00:00

Masa Restorasi Jepang Jadi Inspirasi Busana Super Kekinian

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Saat mendengar negeri matahari terbit apa yang terlintas dalam benakmu? Ramen, Doraemon, gaya rambut sampai harajuku style. Semua hal tersebut merupakan bagian dari restorasi Meiji yakni sebuah langkah besar yang di lakukan Jepang untuk menuju moderenisasi yang bertahan hingga saat ini.

Terobosan di Jepang yang diprakarsai oleh kaisar Meiji yang kala itu mendapat tantangan dari Amerika Serikat untuk mengembangkan perdagangan secara global. Minimnya kekuasaan tak menghalangi misi Meiji untuk mengubah sistem kuno menjadi modern yang kini dirasakan betul oleh seluruh masyarakat Jepang dan dunia.

Hal itulah yang menginspirasi tiga desainer Istafiana Candarini, Nadya Karina dan Afina Candarini untuk menafsirkan perjuangan restorasi Meiji dalam balutan busana super kekinian.

Mengusung tema 'Promenade', ketiganya berhasil memadukan budaya tempo lama dengan budaya modern yang kini tengah disukai. Percampuran budaya itu mampu memberikan nilai yang kuat akan kebiasaan masyarakat Jepang pada masa lalu dan kini.

"Kami sangat konsen terhadap detail-detail seperti motif serta pemilihan benang. Karena, secara keseluruhan koleksi Promenade lebih banyak menyuguhkan siluet-siluet longgar ditambah permainan warna-warna pastel," ungkap Nadya Karina.

Nah, untuk sahabat Saliha yang menyukai fashion ala Jepang, gaya ini bisa jadi inspirasi baru di tahun 2018 ini, lo.

RECOMMENDED FOR YOU