FASHION
2017-10-22 20:17:00

Tahapan Kehidupan Inspirasi Designer India Nitin Bal Chauhan di Ajang JFW 2018

BY INDAH WIDIASTUTI

SALIHA. ID - Satu sosok model mengenakan dress putih dengan siluet kontemporer berjalan perlahan mengawali fashion show Nitin Bal Chauchan. Di bahunya tersemat detail kecil berwarna keemasan. Kemudian, gaun putih dengan aksen kerah sabrina menyusul di belakangnya. Kini, detail keemasan muncul lebih besar berupa titik-titik yang membentuk suatu gambar absurd.

“Awalnya, titik-titik ini nampak padat di satu bagian pakaian kemudian ke suatu arah semakin berkurang dan menghilang. Titik-titik ini buat saya adalah penggambaran keberadaan manusia dari yang ada menjadi tiada,” terang Nitin yang memulai debut perdanananya di dunia fashion tujuh tahun silam.

Titik-titik ini dibuat dengan sangat detail, hati-hati dan rapi yang dikerjakan oleh para pengrajin sulam ahli dari India. Sehingga tampak manis menghiasi ke dua puluh dua gaun berpotongan feminim.

Pemilihan warna juga tak lepas dari penggambaran tahapan kehidupan manusia. Di awali dengan rancangan berwarna putih yang mendeskripsikan lahirnya manusia dalam keadaan suci. Kemudian manusia akan memiliki warnanya masing-masing baik dari ras, budaya, agama, hingga pilihan politik. Tahapan ini digambarkan lewat pilihan warna seperti broken white, coklat muda, soft pink, merah maroon, kuning, dan biru dongker. Lengkap dengan motif titik-titik.

Dengan kondisi kehidupan yang diliputi dekadensi atau kemerosotan dalam banyak aspek, hitam dipilih pemilik sekaligus designer brand Bhootsavaar sebagai penggambaran. 

“Manusia harus selalu ingat, bila kita sekarang berada dalam tahap dekadensi ya terjadi karena perbuatan manusia juga,” tutup Nitin dalam press conferencenya setelah fashion show di Jakarta Fashion Week 2018.

RECOMMENDED FOR YOU
;