HIJABERLARI NEWS
2018-02-13 12:02:00

Deretan Cedera yang Kerap Jadi Langganan Pelari

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Gerakan olah tubuh membutuhkan konsentrasi dan koordinasi yang sangat baik agar terhindar dari gejala cedera. Sebagai olahraga yang menuntut gerakan berulang pada otot kaki, lari menjadi olahraga atletik yang memiliki risiko dari ringan sampai serius.

Biasanya otot pergelangan kaki mengalami terkilir hingga menyebabkan berbagai risiko, mulai dari peregangan, robekan pada urat, tendon atau otot. Pasalnya jaringan ini saling terhubung antara satu tulang dengan tulang lainnya. Pijakan kaki di permukaan datar dengan batuan menimbulkan risiko lebih besar dari dataran aspal yang baik kondisinya.

Seringkali saat berlari kita mengalami rasa nyeri berlebih di daerah betis dan tulang kering bagian atas. Hal ini disebabkan oleh gerakan berlebihan saat menjalani aktivitas, misalnya saja berlari terlalu cepat, melompat sampai aksesoris penunjang yang tidak sempurna, seperti ukuran sepatu yang terlalu kecil maupun kebesaran. Kondisi ini bisa berujung pada peradangan otot.

Minimnya pemanasan sebelum lari juga dapat memicu terjadinya kram di sekitat pergelangan kaki. Kram pada kaki bisa terjadi pada siapapun dengan segala usia. Seseorang akan merasakan nyeri hebat di bagian otot tertentu sehingga sulit bergerak. Namun, tenang saja, kram otot biasanya hanya berlangsung sekitar 1-2 menit saja.

Pelari hebat juga bisa saja mengalami cedera di bagian lutut. Keretakan pada tempurung lutut bisa terjadi akibat adanya gerakan tanpa henti dengan jangka waktu yang lama. Sehingga lutut tidak lagi mampu menopang beban tubuh. Biasanya bagian lutut terjadi pergeseran sampai menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Kita bisa mengatasi semua permasalahan cedera saat berlari dngan berbagai cara sederhana, lo. Misalnya saja, Mengompres dengan es batu untuk meredakan pembengkakan pada otot kaki yang terkilir. Bisa juga mengonsumsi obat-obatan pereda otot, seperti ibuprofen dan aspirin, usai mengonsumsi obat biasanya kita akan mengalami kantuk beberapa saat sekaligus merileksasikan tubuh.

Nah, bagi sahabat Saliha yang suka mengalami kram kaki, cobalah untuk memijatnya dengan lembut. Enggak usah panik, kram otot tidak memicu risiko berat pada tubuh kok. Baringkan tubuh sejenak untuk merileksasikan lutut yang mengalami cedera. Berikan bantalan yang lebih tinggi dari permukaan tubuh saat berbaring. Imbangi juga dengan kompresan es batu.

Pada tanggal 29 April 2018 mendatang, Saliha akan menyelenggarakan event berlari Hijaberlari 29 April 2018. Sahabat dapat mengikuti lomba lari 5K, 10K atau family fun run dengan total hadiah ratusan juta rupiah! Yuk daftar sekarang di saliha.id/hijaberlari

Untuk informasi dan pertanyaan silakan hubungi Zahra di 0812 8002 7171 atau hijaberlari@saliha.id.

RECOMMENDED FOR YOU