HIJABERLARI NEWS
Bagi Nia, berlari membawa perubahan dalam hidupnya
2018-03-27 12:14:00

Lebih dari Sekadar Olahraga, Lari Membawa Perubahan Hidup Drastis Bagi Muslimah Ini

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Berlari menjadi salah satu olahraga paling sederhana untuk dilakukan, sehingga menjadi pilihan para kaum urban yang ingin menjaga pola hidup sehat. Namun untuk sebagian orang, berlari lebih dari sekadar memacu derap kaki ke garis akhir. Berlari membawa perubahan besar dalam diri.

Hal itu yang dirasakan oleh Septiana Nia Swastika, seorang hijab runner yang tergabung dalam komunitas Indorunners cabang Depok, Derby Runners (Depok Running Buddy). Awal dirinya memulai berlari adalah saat ia merasa tubuhnya mengalami kelebihan berat badan.

"Sebenarnya saya senang berolahraga sedari duduk di bangku sekolah. Namun, saya sempat berhenti melakukannya saat memasuki masa perkuliahan. Sampai ketika saya bekerja, saya menyadari kalau berat badan saya sudah berlebih, sekitar 60 kg," tuturnya saat dihubungi tim Saliha.id.

Septiana Nia Swastika, hijab runner dari Derby Runner, sumber: Instagram @go.run.nia

"Akhirnya, saya bertekad untuk berolahraga ini dengan tujuan mengurangi berat badan. Pilihan saya jatuh pada olahraga lari karena mudah dilakukan dan tidak membutuhkan peralatan kompleks."

Meski tujuan semula telah ia capai, perempuan berusia 32 tahun ini memasuki dunia berlari ini lebih dalam. Perempuan yang akrab dipanggil Nia ini mulai mencari komunitas dan mengikuti beberapa lomba lari yang menantang kemampuan dirinya. Ia pun mengikuti beberapa pelatihan untuk kegiatan berlari jarak jauh dan berlari di alam (biasa disebut dengan istilah trail running).

“Selain jadi lebih sehat, olahraga berlari membantu melatih kedisplinan, hal yang paling sulit untuk saya lakukan. Konsisten berlari membuat saya dapat mendisplinkan diri dalam menjalani hidup. Saya dapat mengatur waktu untuk mengerjakan semua kegiatan,” aku perempuan yang berprofesi sebagai dokter gigi di RS Bhayangkara Brimob Polri Kelapa Dua, Depok.

Nia saat menyelesaikan trail running di Gunung Rinjani, sumber: Instagram @go.run.nia

“Juga saat menekuni trail running, saya dapat menikmati keindahan alam dengan cara berbeda,” ujar Nia yang pernah mengikuti Rinjani 100 Ultra Trail Race dan menyabet posisi perlari perempuan ke dua, di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Mei 2017.

Sudah menjadi sebuah hobi dan bagian dari gaya hidup, Nia tidak akan bisa berhenti dari berlari. Jika sahabat Saliha ingin berlari bersamanya, Nia selalu berlatih di kawasan Universitas Indonesia setiap weekend di pagi hari bersama rekan-rekan komunitasnya. Kamu juga bisa berkenalan dengan mengunjungi akun Instagram-nya @Go.Run.Nia

Pada tanggal 29 April 2018 mendatang, Saliha akan menyelenggarakan event berlari Hijaberlari 29 April 2018. Sahabat dapat mengikuti lomba lari 5K, 10K atau family fun run dengan total hadiah ratusan juta rupiah! Yuk daftar sekarang di sini.

Untuk informasi dan pertanyaan silakan hubungi Zahra di 0812 8002 7171 atau hijaberlari@saliha.id

RECOMMENDED FOR YOU