HIJABERLARI NEWS
Tips Menjaga Semangat Berlari Tetap Menyala Ala Hijab Runner Septiana Nia Swastika
2018-03-27 14:17:00

Tips Menjaga Semangat Berlari Tetap Menyala Ala Hijab Runner Nia

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Setiap kegiatan yang selalu dilakukan secara rutin akan menimbulkan rasa bosan dalam diri, sekalipun itu adalah sebuah hobi. Sama seperti berlari, rajin melakukan hal ini juga tidak jarang membuat pelari merasa jenuh.

Tidak ada yang salah ketika ingin beristirahat sejenak dari kegiatan yang ditekuni. Namun terlalu lama vakum dari berlari tentu akan memunculkan rasa malas yang menghalangi diri untuk berolahraga kembali.

"Ketika rasa jenuh itu datang, selalu ingat tujuan awal kamu melakukannya (berlari)," ujar Septiana Nia Swastika, Hijab Runner yang tergabung dalam komunitas Derby Runners (Depok Running Buddy) saat dihubungi oleh tim Saliha.id. "Dengan begitu, kamu akan bersemangat kembali."

Septiana Nia Swastika, sumber: Instagram @go.run.nia

Sebagai seorang runner, perempuan yang akrab disapa Nia ini juga mengaku merasakan kejenuhan yang dapat mengganggu tekad bulatnya dalam menekuni olahraga berlari. Namun hal itu ditepisnya dengan beberapa cara, seperti salah satunya adalah selalu mengingat tujuan awal berlari.

"Saya ingin hidup sehat. Karena itu saya selalu bersemangat untuk berlari. Selain itu untuk menjaga motivasi itu tetap hidup, saya bergabung dengan komunitas lari. Dengan menemukan teman yang memiliki minat sama, saya selalu terpacu untuk terus berlari, baik sebagai rutinitas harian maupun ingin mengikuti kompetisi," tutur perempuan berusia 32 tahun ini.

Selain rasa jenuh yang dapat menurunkan semangat, hal lain yang menjadi tantangannya untuk rajin berlari adalah sulitnya membagi waktu antara berbagai aktivitas yang ia miliki.

"Saya seorang dokter gigi, juga ibu dari satu anak. Awalnya cukup sulit untuk membagi waktu menjalani tiga hal ini secara bersamaan. Namun, hal itu bisa saya tangani dengan baik," ujarnya.

Hijab runner Nia dengan anaknya, Makky, 5 tahun, sumber: Instagram @go.run.nia

Dalam penuturannya, Nia mengawali hari dengan lari pagi selama sekitar satu jam. Kemudian kembali ke rumah untuk mengurus Makky, putranya yang berusia 5 tahun, pergi ke sekolah. Setelahnya, ia berangkat ke tempat praktiknya dan bekerja sebagai dokter gigi di salah satu RS di Depok. Pada sore hari, ia kembali berlari dan melakukan latihan lainnya.

Rasanya, lelah tidak ada dalam kamus Nia. Sebab ia menjalani semuanya dengan penuh bahagia, terutama berlari. Olahraga itu telah membawa perubahan dan sudah menjadi bagian dari hidupnya.

“Kalau sudah senang, pasti tidak akan terasa bosan maupun lelah,” ungkapnya.

Latihan untuk mendukung kebugaran tubuhnya, sumber: Instagram @go.run.nia

Sebagai seorang hijab runner yang aktif dan inspiratif, ia sering mengikuti kompetisi lari marathon dan trail running di alam bebas. Untuk bisa mengikuti semua aktivitas lari yang seru itu, ia melakukan latihan strength dan menjaga pola makan sehat agar tubuh tetap bugar.

Sahabat Saliha bisa mengintip kesehariannya dan kegiatan lari yang ia lakukan dengan mengunjungi Instagram-nya @Go.Run.Nia

Pada tanggal 29 April 2018 mendatang, Saliha akan menyelenggarakan event berlari Hijaberlari 29 April 2018. Sahabat dapat mengikuti lomba lari 5K, 10K atau family fun run dengan total hadiah ratusan juta rupiah! Yuk daftar sekarang di sini.

Untuk informasi dan pertanyaan silakan hubungi Zahra di 0812 8002 7171 atau hijaberlari@saliha.id

RECOMMENDED FOR YOU