LOVE
2018-01-31 14:38:00

Si 'Superwoman' Dalam Keluarga Cerdas dan Sehat

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Sejatinya perempuan yang memiliki peranan terpenting dalam sebuah keluarga adalah ibu. Sosoknya yang lembut dan penyayang selalu tergambar dari segala hal yang telah dilakukannya sejak membuka mata. Ibu juga dijadikan sebagai sosok superhero yang mampu menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi dalam keluarga.

Ada begitu banyak hal yang telah dilakukan untuk memenuhi segala kebutuhan suami serta anak-anak tercinta. Memasak, mendidik, mengasuh, menata rumah dan masih banyak lainnya. Di zaman modern ini, sosok ibu bukan lagi perempuan yang asyik berdiam diri di rumah, menunggu suami pulang bekerja atau lelah mengurus si kecil.

Perempuan Asia mengembangkan diri sebagai sosok ibu bekerja yang kekinian. Rata-rata perempuan yang telah menjadi ibu bekerja menghabiskan waktu 41,4 jam per minggu untuk bekerja, baik di dalam maupun di luar rumah. Indonesia menjadi salah satu negara yang mulai merefleksikan hal tersebut ke dalam gaya hidup.

Meskipun ibu bisa melakukan segala hal demi kebahagiaan keluarga, perempuan hebat ini juga memerlukan dukungan dari lingkungan sekitar terutama suami.

Kita bisa melihatnya dengan segala perubahan yang terjadi, misalnya saja, banyak ditemui para ibu yang memilih bekerja dalam kondisi hamil besar atau kembali bekerja meskipun bayinya belum genap menginjak usia 3 bulan.

"Kita bisa melihat kenyataan ini, tak lagi bisa menutup mata bahwa perempuan juga memiliki andil dalam mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan rumah tangga," ungkap psikolog keluarga, Roslina Verauli, M. Psi.

Meskipun terlihat sangat tangguh, ibu juga memerlukan dukungan penuh dari si ayah. Karena anak menghabiskan sekitar 2/3 waktunya lebih banyak untuk bermain dengan ayah. Ketangkasan dan olah tubuh saat bermain dengan ayah yang tak dimiliki ibu.

Untuk menjadi ibu yang sejahtera, kita perlu menerapkan 3 aspek, meliputi: manajemen waktu yang baik, optimalkan sistem support dan edukasi diri.

Ketiga aspek ini menjadi fondasi dasar untuk menyeimbangkan peranan seorang ibu yang mampu mencakup Emosional work, House Work serta Parenting, termasuk pemenuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan keluarga demi menuju keluarga yang cerdas dan sehat.

Nah, sebagai Perusahaan yang telah 45 tahun menyebarkan nilai kebaikan hidup pada setiap individu, Danone-AQUA merasa terpanggil untuk menjadi bagian dari perwujudan kesehatan masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan nilai ‘One Planet, One Health’ yang menjadi slogan dan cita-cita Danone untuk mengajak seluruh masyarakat agar menjaga gaya hidup sehat dan memelihara kelestarian bumi melalui makanan dan minuman yang mereka konsumsi.

Dalam peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia dimulai dari keluarga dan peran Ibu sangatlah penting untuk mendorong keberhasilannya. Sesuai dengan agenda perbaikan kualitas pangan dan gizi masyarakat pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-20192, Ibu memiliki peran kunci dalam perbaikan gizi dalam keluarga sebagai langkah awal menciptakan kebiasaan sehat dalam keluarga.

Melalui program pelatihan “Ibu Sehat, Keluarga Sehat”, Danone-AQUA bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat untuk memberdayakan para Ibu Indonesia agar meningkatkan pengetahuan dan tanggap bagi keluarganya.

Sebagai komunitas Ibu terbesar di Indonesia, Danone-AQUA melihat PKK sebagai mitra yang tepat untuk menjangkau para Ibu yang membutuhkan dukungan. Program pelatihan akan berpusat pada edukasi kesehatan dan keamanan air minum berikut konsep nutrisi dan hidrasi sehat untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan sejahtera.

RECOMMENDED FOR YOU