LOVE
Pentingnya mencintai diri sendiri
2018-02-06 10:16:00

Pentingkah Mencintai Diri Sendiri? Ini 5 Alasan Ilmiahnya

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Dalam urusan cinta, ada banyak sekali nasihat yang menyarankan untuk mencintai diri sendiri sebelum memberikannya pada orang lain. Tidak luput juga banyak memberi tahu kalau mencintai diri sendiri sangat penting untuk kesehatan pribadi dan kesejahteraan orang-orang di sekitarnya.

Mengapa seseorang harus berusaha mencintai dirinya sendiri? Melansir dari Huffington Post, ada alasan ilmiah yang perlu sahabat Saliha ketahui.

1. Menerima dirimu sendiri membuatmu lebih bahagia

Salah satu tanda mencintai diri sendiri adalah dengan menerima kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Penelitian menemukan bahwa sikap ini dapat membuatmu menjadi lebih puas terhadap kehidupan yang sedang dijalani. Namun sayangnya, kebiasaan ini jarang dilakukan. Untuk memulainya, coba tanyakan pendapat teman terdekat mengenai kelebihanmu di mata mereka, dan lakukan hal yang sama untuknya. Dengan begitu, kamu akan tahu hal terbaik yang dimiliki dan merasa lebih bahagia dengan kebaikan yang dilakukan.

2. Mendorongmu untuk mencapai cita-cita hidup sehat

Semangat untuk diri sendiri menjadi motivasi yang paling dibutuhkan untuk mengurangi kebiasaan buruk dan menjadi lebih sehat. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Health Psychology menemukan kalau membangun diri sendiri dapat membantumu membuat keputusan untuk hidup lebih sehaat. Salah satu cara untuk tetap konsisten adalah menuliskan semua cita-cita itu. Karena penelitian lain mengungkapkan menulis dapat mendukung kesehatan diri sendiri.

3. Mencegahmu dari gangguan kesehatan mental

Penelitian lain yang diliput oleh New York Times menemukan kalau mereka yang mencintai dirinya sendiri memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami depresi dan kecemasan. Lebih jauh lagi, sebuah riset menunjukkan kalau mencintai diri sendiri berpotensi membuat seseorang menjadi lebih optimis, dan mahasiswa yang menerapkan nilai moral berharga dalam hidupnya memiliki level stres rendah dan cenderung berprestasi dengan baik dalam akademik.

4. Tidak ada lagi menunda pekerjaan

Tidak memungkiri, selalu ada rasa malas dalam bekerja membuat kamu jadi ingin menunda menyelesaikan tugas. Namun pribadi yang mencintai diri sendiri tidak akan melakukan itu, lo! Sebuah riset menunjukkan sikap mencintai diri sendiri dapat mengurangi stres yang menyebabkan seseorang menunda sesuatu. Sebab sikap itu menolongnya untuk menyadari dampak buruk dari rasa malas tanpa menimbulkan pemikiran negatif. Jika merasa ragu dalam menyelesaikan sesuatu, coba sedikit tegas pada diri sendiri, yang telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah saat stres melanda.

5. Membawamu melewati kesulitan lebih mudah

Hidup bagai roda yang berputar, kadang di atas dan kadang di bawah, dan akan selalu seperti itu. Akan terasa sulit menjalani hari-hari saat berada di keadaan tersulit, namun sedikit cinta dapat membuatmu tetap tegar dan bangkit melawannya. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science mengungkapkan kalau pasangan yang baru saja bercerai dan memberikan semangat pada diri sendiri dengan kalimat-kalimat penuh perasaan, mampu melewati masa-masa perpisahan yang berat, ketimbang mereka yang mengritik diri sendiri. Lalu, bagaimana caranya memberi semangat pada diri sendiri? Coba lakukan meditasi sederhana yang dapat meningkatkan cinta pada diri sendiri.

Tidak ada yang salah dengan mencintai diri sendiri, dan kamu harus melakukannya segera mungkin, sahabat Saliha.

RECOMMENDED FOR YOU