LOVE
Perempuan baik hanya untuk laki-laki baik
2018-02-12 20:00:00

7 Kualitas yang Perlu Dimiliki Muslimah untuk Jadi Istri Terbaik

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Siapa yang tidak menginginkan jodoh dengan akhlak seperti Rasulullah SAW? Adalah impian setiap muslimah untuk bisa bersanding dengan pria seperti Nabi Muhammad SAW. Namun untuk bisa bersama dengan sosok terbaik itu, sudahkan sahabat Saliha sudah memantaskan diri?

Disebutkan dalam Alquran, “Perempuan yang keji adalah untuk laki-laki yang keji. Dan laki-laki yang keji untuk perempuan yang keji pula. Perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik. Dan laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik pula.” (QS. An Nur: 26). Maka untuk mendapatkan lelaki terbaik, sudah sewajibnya kita meningkatkan kualitas diri agar pantas bersama jodoh pilihan Sang Khalik di masa depan.

Lalu, kualitas apa saja yang perlu dimiliki untuk bisa menjadi calon istri terbaik?

Taat beragama

Rasulullah SAW bersabda, “Wanita dinikahi karena empat hal yakni karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan karena agamanya. Maka dapatkanlah wanita yang taat beragama niscaya kamu akan beruntung.” (HR. Bukhari). Berdasarkan hadis itu, ciri utama perempuan yang pantas menjadi istri adalah yang taat dan taqwa pada Allah swt. Karena dengan tunduk pada pencipta-Nya, ia pun akan menyadari hak serta kewajibannya untuk menjadi seorang istri nanti.

Dapat membaca Al-Qur'an

Selain menegakkan salat tepat waktu, jangan lupa rajin mengaji dan mengkaji Alquran. Sebab kitab suci itu berisi tuntunan yang dibutuhkan kita untuk menjalani hidup, dan perempuan yang memahami kandungan setiap ayat diyakini dapat menerapkannya ke dalam kehidupannya sehari-hari. Selain itu, perempuan yang hafal Alquran dianggap dapat mengajarkannya kelak pada buah hatinya.

Berakhlak terpuji

Ketika mengharapkan jodoh dengan akhlak yang baik, sudah sepatutnya kita memiliki akhlakul karimah, juga! Mulai dari bersikap lemah lembut, bertutur kata yang baik, sopan dan santun pada semua orang, dapat amanah, murah senyum, cerdas, dan sebagainya. Apa lagi yang termasuk akhlak baik, ya?

Menghormati orang tua

Perempuan yang baik adalah yang dapat menghormati orang tua. Sikap ini mencerminkan bahwa dirinya mampu menghormati mertua dari pihak pasangannya. Selain itu, ia mampu memiliki hati yang lembut dan bersikap baik sehingga dapat mengambil hati mertua.

Mampu merawat diri

Quote terkenal dari Helena Rubinstein berbunyi, "There are no ugly women, only lazy ones." Semua perempuan itu cantik, sahabat Saliha. Namun keinginan dan kemampuan untuk merawat diri sendiri yang membedakan antara satu dengan lainnya. Salah satu kualitas yang harus dimiliki calon istri terbaik adalah mampu menjaga dan merawat dirinya sendiri. Sebab saat menikah, ia harus tampil cantik di hadapan pasangannya.

Rasullulah SAW bersabda, "Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalehah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud).

Rajin menyelesaikan pekerjaan

Calon istri yang baik tidak memiliki sifat malas dalam dirinya, baik untuk mengurusi dirinya sendiri maupun mengurusi rumah tangganya. Ia tidak menunda-nunda pekerjaan dan menyelesaikan tugas yang telah diberikan padanya. Dengan hati yang ikhlas, Allah swt akan memberikan pahala untuk setiap tugas rumah tangga yang diselesaikan.

Tidak cemburu

Cemburu adalah tanda ketidak-percayaan diri seseorang. Dalam pernikahan, sikap ini dapat menjadi pemicu masalah yang menggoyahkan rumah tangga. Calon istri berkualitas baik adalah ia yang tidak memiliki rasa cemburu. Sebaliknya, ia akan selalu berdoa pada Allah swt agar pasangannya selalu dalam lindungan-Nya dan diajuhkan dari hal-hal buruk.

Menurut sahabat Saliha, kualitas seperti apa yang harus dimiliki seorang perempuan untuk bisa menjadi istri terbaik agar pantas bersanding dengan jodoh yang baik?

RECOMMENDED FOR YOU