LOVE
2018-02-06 15:04:00

Inilah 7 Alasan Untuk Tetap Bahagia Meski Single

BY DEE

SALIHA.ID - Kita hidup di dalam masyarakat di mana kita diharapkan hidup bahagia selama-lamanya dengan pasangan hidup. Tambahkan lagi novel, film dan lagu romantis yang mendorong kita untuk segera mencari pasangan. Bahkan status single seperti sebuah aib atau kutukan.

Namun sayangnya, garis kehidupan setiap orang tidaklah sama. Ada orang-orang yang menemukan belahan hati mereka sesuai dengan waktu harapan masyarakat. Namun tak sedikit juga yang harus menanti lebih lama karena berbagai alasan.

Meski masih jomblo, bukan berarti kita harus melongo. Atau memaksakan diri dalam hubungan yang tidak sehat agar tidak dicap jomblo.

Nah, daripada menangis di pojokan kamar atau mencemburui mereka yang bergandengan, termasuk truk gandeng, kenapa nggak kamu syukuri kondisi kamu? Karena sebenarnya ada banyak hal yang dapat kamu lakukan selagi kamu masih sendiri.  

Meningkatkan kualitas diri.
Selagi kamu sendiri, mengapa tidak kamu fokuskan usaha untuk meningkatkan kualitas diri sendiri? Meski jomblo, kamu bisa jadi jomblo kualitas tinggi, lo. Gunakan kesendirian untuk refleksi diri. Pertanyakan, apakah kamu sudah ada di jalan yang benar? Apakah kamu bisa menjadi pribadi lebih baik lagi dibandingkan kemarin? Ingatlah kalau kamu ingin menarik pasangan yang baik, kamu harus menjadi pribadi yang baik juga. 

Mencari tahu hubungan seperti apa yang kamu inginkan
Menjadi jomblo adalah momen yang pas untuk belajar lagi tentang pasangan yang kamu inginkan. Seperti apa sosok yang kamu butuhkan sebagai pendamping hidup? Bagaimana cara menjalin hubungan yang sehat?

Kamu juga bisa lo memanfaatkan situasi kamu untuk mempelajari pasangan lain.  Bagaimana mereka menjaga hubungan tetap awet? Benarkah mereka bahagia atau kelihatannya saja mereka bahagia?

Membangun kekuatan diri sendiri

Menjadi jomblo, artinya kamu melakukan segalanya sendiri. Belanja sendiri, nonton sendiri, melakukan hobi sendiri, memecahkan masalah sendiri, dan lain-lain. Meski kedengarannya menyedihkan, menjadi sendirian sebenarnya adalah momen kamu untuk mandiri dan berusaha menyelesaikan masalah kamu sendiri. Kalau kamu tidak bisa menyelesaikan masalah, kamu bisa meminta bantuan keluarga, teman, atau mengadu pada Allah.

Hal ini membuat kamu jadi nggak bergantung pada pasangan. Ini bukan berarti kamu nggak butuh orang lain, ya. Sebaliknya, hal ini akan menjadikan kamu pasangan yang sehat. Kamu tahu rasanya saat sendirian. Saat kamu terlibat dalam hubungan yang tidak sehat, kamu nggak terpaksa harus ada di hubungan tersebut. 

Membahagiakan orang tua dan keluarga
Bukan berarti orang yang berpasangan tidak bisa membahagiakan orang tua, ya. Namun jujur saja, kalau kamu sudah berkeluarga, fokus kamu pasti akan terbagi-bagi. Ya ke suami, anak, keluarga pasangan, dan lain-lain.

Berbeda dengan saat kamu masih single di mana kamu bisa memberi perhatian penuh pada keluarga. Jika orang tua kamu masih hidup, kenapa nggak gunakan saat ini untuk membahagiakan mereka? 

Uang untuk diri sendiri 
Oke, mungkin ada dari kamu yang ikut menanggung keluarga, tetapi kalau kamu sudah berkeluarga, sudah pasti keuanganmu akan terfokus untuk kebutuhan keluarga. Mulai dari kredit barang, membantu keluarga besar, sampai KPR rumah.

Seperti kata teman yang sudah memiliki anak, "Aduh boro-boro mikirin lipstik, begitu ada uang, uangnya dipakai untuk kebutuhan si adik."

Jadi, selagi kamu single, gunakan kesempatan untuk mengatur keuangan lebih baik. Entah untuk menabung, mulai memikirkan asuransi, berinvestasi, dan lain-lain. 

Perkuat hubungan dengan teman
Beragam studi menunjukkan bahwa kaum jomblo justru lebih peduli pada saudara, tetangga, orangtua, dan teman dibandingkan dengan mereka yang sudah menikah. Jadi, mumpung belum menikah, mengapa tidak kamu gunakan untuk memperkuat hubungan dengan teman? Perluas pergaulan juga. Siapa tahu ada temannya teman yang nyantol di hati.  Hey, kita tidak pernah tahu di mana kita akan bertemu jodoh, bukan?

Travelling

Katanya, kalau sudah menikah, kita tidak bisa jauh-jauh. Jalan ke supermarket terdekat saja, sudah dicari pasangan. Nah, karena itu, selagi masih sendiri, kenapa nggak kita gunakan untuk menjelajah dunia?

Yuk atur keuangan agar kamu bisa jalan-jalan. Jika ke luar negeri terasa terlalu mahal di kantong, kenapa nggak jelajahi museum, tempat wisata atau kota terdekat? Ajak juga keluarga dan teman-teman. Hidup tidak terasa sendiri lagi, bukan?

Yang lebih paling penting lagi adalah kamu tetap membangun sifat positif atas kesendirian kamu. Tetaplah bersyukur karena setiap ujian yang diberikan dari-Nya, adalah tanda sayang Allah swt kepadamu. Kamu mungkin belum menerima apa yang kamu inginkan, tetapi kamu sudah menerima apa yang kamu butuhkan saat ini.

Manfaatkan waktu sebaik mungkin, ya. Agar saat kamu sudah berpasangan, kamu nggak jadi rindu momen sendirian lagi.

RECOMMENDED FOR YOU