LOVE
2018-03-14 20:12:00

Ingin Pernikahan Langgeng? Ini Rahasianya!

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Setiap pasangan yang menikah tentunya mengharapkan pernikahan yang awet, bahkan sampai maut memisahkan. Bener nggak sih? Namun faktanya menjaga perkawinan langgeng itu nggak gampang lo, sahabat Saliha. Rutinitas sehari-hari dan konflik yang terjadi dapat meredupkan kehangatan hubungan suami istri. 

Menurut RR. Finandita Utari, M.Psi. dalam setiap tahap pernikahan memang akan menemui krisis dengan interval 5 tahun sekali. Mulainya di 5 tahun pertama pernikahan, 10 tahun, 15 tahun dan seterusnya. 

"Di 5 tahun pertama merupakan usia yang rentan karena itu adalah masa menyesuaikan diri. Sedangkan di atas 5 tahun pernikahan biasanya pasangan suami istri sudah lebih adaptif," sahutnya di sela-sela acara Bincang Hangat 5 Bahasa Cinta yang diadakan Primadita Consulting bersama saliha.id pada 23 Februari 2018 lalu di Kota Kasablanka, Jakarta. 

Psikolog yang banyak menangani problema keluarga ini memberikan kiat-kiat agar hubungan suami istri tetap hangat meski pernikahan sudah berjalan puluhan tahun. 

Baca Juga :

Sibuk? Ini 5 Ide Kencan Singkat Bersama Suami

Makin Harmonis dengan Kiat Sederhana Ini

"Saling menjaga komunikasi yang terbuka satu sama lain. Pola komunikasi yang terbuka dan efektif itu sangat penting untuk menjaga kelanggengan hubungan. Jika salah satu menyembunyikan sesuatu, antara suami atau istri pasti akan terasa, dan suatu saat akan terbuka. Jadi sebaiknya hal-hal terkecil pun kita diskusikan dengan penyampaian yang baik,"

Perempuan berusia 40 tahun tersebut menyarankan, sebaiknya pasangan suami istri perlu meluangkan waktu bersama meski keduanya sama-sama sibuk. Tak ada salahnya juga memberikan kejutan kecil atau melakukan sesuatu yang tidak biasa kita lakukan, misalnya membuatkan makanan kesukaan pasangan. 

"Lakukan kegiatan singkat yang menyenangkan dan melibatkan keduanya, misalnya nonton bareng, makan siang atau makan malam di luar. Tapi usahakan keduanya jangan sibuk main smartphone sendiri ya. Itu juga percuma. Memang secara fisik bersama tapi secara psikis sibuk dengan dunia masing-masing," ujarnya mengingatkan. 

Ia menambahkan jika terjadi masalah, sebaiknya pasutri segera menyelesaikannya dengan kepala dingin. 

Baca Juga : 

Konflik Rumah Tangga? Atasi dengan Cara Ini

Tetap Bahagia Meski Berbeda Penghasilan

"Jangan biarkan masalah berlarut-larut. Ketika suatu masalah dipendam berlarut-larut, jangan harap masalah akan selesai dengan sendirinya. Itu malah akan membuat masalah semakin menumpuk dan bukan tidak mungkin dapat menjadi bom atom yang akan meledak sewaktu-waktu. Carilah waktu yang tepat lalu diskusikan masalah dengan pasangan."

Terakhir ia menekankan pentingnya saling menghormati dan menghargai atas upaya yang telah dilakukan pasangan. Ia memberi tips 3 M yang sepatutnya dilakukan baik suami maupun istri. 

"3 M itu adalah memaklumi, memahami dan memaafkan. Kalau pasangan kita ada kekurangan ya sebaiknya kita maklumi. Kalau pasangan kita kurang mengerti apa maksud kita ya coba dipahami. Kalau memang pasangan kita melakukan sebuah kesalahan ya maafkanlah," paparnya menutup pembicaraan.

Jika tindakan positif ini terus dipelihara tentunya masing-masing individu akan merasa saling dihargai sebagai pasangan. Dampaknya api kemesraan akan terus membara dan menghangatkan gairah bercinta. Yuk praktekan langkah mudah di atas agar hubungan suami istri semakin langgeng. 

RECOMMENDED FOR YOU