LOVE
2018-03-16 19:13:00

Makin Mesra dengan Kenali 5 Bahasa Cinta

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Banyak orang berpendapat, semakin lama usia pernikahan maka rasanya akan semakin hambar dan datar-datar saja. Oleh karenanya, komunikasi yang baik antar suami istri menjadi suatu hal yang krusial untuk diusahakan. 

Namun faktanya menjalin komunikasi yang lancar dengan pasangan bukan suatu hal yang mudah. Pernah nggak sih kamu merasa kesal karena suami tak kunjung paham apa yang kamu inginkan? Atau kamu merasa suami nggak sayang lagi karena ia melupakan hari ulang tahun pernikahan kalian?

Nah, sebelum kamu ngambek berkepanjangan. Ternyata nih, setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda-beda lo, sahabat Saliha. Teori ini pertama kali dikemukakan oleh seorang konsultan pernikahan yang terkenal yaitu Dr. Gary Chapman. 

Baca Juga : 

Ingin Pernikahan Langgeng? Ini Rahasianya

Menurut 1500 Pasangan Menikah, Ini Kunci Sukses Pernikahan

Ia berpendapat bahwa setiap orang mempunyai cara untuk mengekspresikan perasaan cintanya pada orang lain.  Apabila cara tersebut dilakukan oleh pasangannya maka akan membuat ia merasa dicintai. Sebaliknya ketidakcocokan dalam mengekspresikan bahasa cinta dapat membuat pasangan merasa kurang bahagia dalam menjalani hubungan.

Ayoe Sutomo, M.Psi, Psikolog., CGA menjelaskan karakteristik lima bahasa cinta ini dalam sebuah diskusi hangat yang diselenggarakan oleh Primadita Consulting dan saliha.id 23 Februari 2018 lalu di Kota Kasablanka, Jakarta. 

Pujian

Bahasa cinta yang pertama yaitu words of affirmation atau berbentuk verbal seperti kata-kata pujian atau kalimat motivasi yang positif. Orang yang dominan bahasa cintanya ini akan merasa sangat dicintai ketika pasangannya memberikan pujian-pujian seperti 

"Sayang masakan kamu enak sekali, aku doyan banget", 
"Kamu keren banget deh pakai baju itu",
"Honey, semangat ya, semoga proyek kamu sukses",

Kalimat-kalimat seperti ini bisa membuatnya makin bersemangat dan merasa dicintai. Sebaliknya kata-kata negatif atau kritikan bisa sangat mengganggu psikologisnya.

Quality Time

Bahasa cinta yang kedua adalah quality time alias menghabiskan waktu bersama seperti liburan, nonton bareng atau makan malam. Namun hal ini akan lebih efektif jika pasangan tidak hanya melakukan kegiatan berdua, melainkan juga saling memberikan perhatian penuh. Jadi sebaiknya saat akan menghabiskan quality time berdua, titipkan anak dulu ke orang yang bisa dipercaya serta matikan gadget untuk sementara saja. 

Sentuhan

Sentuhan atau physical touch bukan berarti seks melulu lo ya. Bahasa cinta sentuhan fisik bisa berupa gandengan tangan, kecupan, pelukan, belaian hangat atau sekedar menepuk bahu. Cara mudah untuk mengenali bahasa cinta ini adalah dengan memperhatikan perilaku pasangan ketika mencoba menghiburmu di kala sedih. Apakah ia otomatis memeluk dan menggenggam tanganmu? Jika iya, berarti bahasa cintanya merupakan sentuhan fisik.

Baca Juga :

Ini Lo, Cara Sederhana Jadi Istri Idaman Suami

Kamu Dengar Nggak Sih? Ini 10 Kegagalan Komunikasi dengan Pasangan

Tindakan Pelayanan

Apakah kamu merasa sangat dicintai ketika suami membantu pekerjaan rumah tangga atau saat ia berinisiatif membuatkanmu sarapan? Jika iya berarti bahasa cintamu adalah tindakan pelayanan atau acts of service. Ini artinya kamu akan merasa sangat dicintai ketika pasangan melakukan suatu usaha yang menyita waktu dan energinya dengan maksud membantumu. Tapi bukan berarti orang yang memiliki bahasa cinta ini maunya dilayani atau bossy ya. 

Hadiah

Orang yang memiliki bahasa cinta ini akan merasa dicintai dan mengekspresikan kasih sayangnya dengan memberikan hadiah. Tidak perlu mahal tapi hadiah kecil seperti kartu ucapan atau masakan spesial buatan sendiri bisa membuatmu bersemangat dalam menjalani hari. Jika pasanganmu bahasa cintanya adalah hadiah maka jangan sampai kamu melupakan tanggal-tanggal penting seperti hari ulang tahun atau hari pernikahan kalian ya.

Masing-masing orang sebenarnya memiliki semua bahasa cinta ini, hanya saja ada satu atau dua yang lebih dominan. Nah, setelah mengetahui 5 bahasa cinta ini, tinggal tugas kamu untuk mengenali bahasa cintamu dan pasanganmu. Jadi yang mana nih, sahabat Saliha?

RECOMMENDED FOR YOU