LOVE
Mempersiapkan anak untuk berpuasa
2018-02-27 15:18:00

Mempersiapkan Si Kecil untuk Berpuasa di Bulan Ramadhan

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - "Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Sebab di bulan puasa ini, setan akan dibelenggu, dan pintu surga akan dibuka." Setidaknya, seperti itulah yang nasihat orang tua pada anak-anak mereka yang akan memulai puasa pertamanya. Bagaimana denganmu, sahabat Saliha?

Tidak terasa, beberapa bulan ke depan umat Islam akan menyapa kembali bulan Ramadhan yang dirindukan. Selain mempersiapkan diri sendiri untuk menahan hawa nafsu, sudahkah sahabat Saliha memperkenalkan buah hati pada salah satu ibadah ini?

Mengajarkan anak untuk berpuasa bukanlah hal yang mudah. Terkadang ada rasa kasihan saat mereka menahan lapar, atau rasa sabar saat mendengar rengekan ingin makan di tengah-tengah puasa. Namun sebagai orang tua, kita patut memberikan pemahaman pada si kecil mengenai kewajiban yang akan ia lakukan saat dewasa nanti. Agar dapat menghindari dosa dan menjadikannya sebagai muslim/muslimah sejati.

Lakukan pendekatan secara perlahan pada si kecil. Perkenalkan ibadah puasa secara perlahan dan menyeluruh padanya. Ceritakan mengenai alasan berpuasa, manfaatnya, serta dosa yang didapat jika tidak melakukannya. Berikan gambaran padanya akan pahala dan keberkahan Ramadhan yang akan Allah swt limpahkan jika ia berpuasa.

Bangunkan anak-anak sahur dan ajak mereka berpuasa, namun sesuaikan lama waktu dengan kemampuannya. Tidak masalah jika si kecil mau berpuasa sampai jam 12 siang, atau bahkan jam 9 pagi. Hal yang terpenting adalah anak-anak sudah memiliki keinginan untuk menunaikan ibadahnya.

Apabila mereka dapat berpuasa hingga adzan Asar atau secara penuh sampai Magrib, berikanlah pujian atas usahanya tersebut. Anak tentu saja akan merasa senang jika ia mendapat penghargaan, sekalipun hanya sebuah ucapan selamat. Itu akan menjadi motivasinya untuk terus berlatih puasa.

Terangkanlah pada si kecil tentang ibadah yang perlu ia lakukan saat puasa, seperti salat lima waktu dan salat tarawih. Juga, tanamkan rasa sopan santun dan saling menghormati padanya jika melihat orang yang tidak berpuasa, atau saat ia tidak berpuasa di tengah-tengah orang banyak.

Selama mempersiapkan anak-anak untuk dapat berpuasa, curahkanlah segala perhatian dan kasih sayang pada mereka. Bimbing dengan rasa senang, tidak dengan penuh tekanan yang dapat membuatnya takut.

Rasulullah bersabda, "Kami puasakan pula anak-anak kecil kami, dan kami berangkat ke masjid dengan menjadikan mainan dari kapas buat mereka, jika ada salah seorang dari mereka menangis minta makanan, kami berikan mainan itu kepadanya sampai masuk waktu berbuka," (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim).

Dan terakhir, jadilah Ibu dan Ayah yang dapat si kecil teladani. Berpuasalah sebagaimana kamu ingin mereka menunaikan ibadah tersebut. Sebab anak akan mencontoh dari orang tuanya.

Anak-anak memang belum diwajibkan berpuasa, seperti yang Rasulullah SAW tegaskan, "Tidak ada kewajiban syar'i bagi anak-anak yang belum baligh." Namun penting bagi orang tua untuk menanamkan ajaran-ajaran Islami sedari dini.