LOVE
Pelukan orang tua pada anak dapat berdampak baik pada kesehatan mental dan memperkuat bonding.
2017-10-10 18:00:00

8x Pelukan Sehari, Ungkapan Cinta Orang Tua Pada Anak

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Kasih sayang tidak selalu diungkapkan dengan kata-kata yang indah dan romantis, terutama pada anak-anak. Pada mereka, rasa cinta itu bisa ditunjukkan melalui sentuhan fisik berupa pelukan.

Hal itu disarankan oleh Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi., Psi., ACC. Berdasarkan pengamatannya, anak-anak membutuhkan pelukan setidaknya 8x sehari dari orang tuanya. 

"Pemahaman verba anak masih berkembang sehingga mereka belum tentu mengerti kata sayang yang kita ucapkan. Anak lebih menyadari rasa kasih sayang orang tuanya melalui tindakan yang nyata, seperti pelukan. Namun sedikit-banyaknya sentuhan fisik ini dapat disesuaikan dengan keadaan buah hati," ujarnya saat diwawancarai pada acara Nestlé LACTOGROW Grow Happy, 5 Oktober 2017 lalu.

Pelukan hangat dari orang tua berdampak baik pada kesehatan mental anak. Sentuhan fisik ini dapat merilis hormon oksitosin, salah satu hormon bahagia, yang membuatnya mereka merasa nyaman.

"Juga, pelukan dapat menciptakan bonding atau ikatan yang kuat antara orang tua dengan buah hati mereka," tuturnya.

Anak-anak yang kurang mendapat pelukan, bisa menjauhi sentuhan fisik dalam bentuk apapun di saat dewasa karena tidak terbiasa dengan hal itu. Atau sebaliknya, ia justru akan terobsesi dan selalu haus akan pelukan dari orang-orang di sekitarnya.

Jadi untuk Ayah dan Bunda, jangan sampai lupa untuk memeluk buah hati kalian. Itu adalah bentuk ungkapan cinta orang tua pada anak.

"Kalau suka terlihat ogah-ogahan saat dipeluk? Tidak masalah, mungkin saat itu merasa tidak nyaman. Kalau begitu, pertimbangkan situasi dan kondisi saja saat ingin memeluknya, Ok?" tutur perempuan yang dipanggil Lizi ini diakhir wawancaranya.

RECOMMENDED FOR YOU