OASE
Sumber: Facebook Najwa Shihab
2018-07-04 17:20:00

Kamu Perempuan yang Suka Merendahkan Diri Sendiri? Dengarkan Pesan Najwa Shihab Ini!

BY TIM LIPUTAN

SALIHA - Sahabat Saliha pasti sudah tidak asing lagi dengan Najwa Shihab, sosok perempuan cerdas dan sangat berkarakter yang dikagumi banyak perempuan Indonesia. Kariernya sebagai jurnalis dan pembawa acara berita dapat dibilang cukup sukses hingga Nana, sapaan akrab Najwa akhirnya dipercaya membawakan program bincang-bincang Mata Najwa.

Selain dikenal sebagai pembawa acara berita, Nana juga dikenal sebagai putri kedua Quraish Shihab, seorang cendekiawan muslim yang sangat dihormati hingga di dunia internasional.

Beberapa waktu lalu, dalam sebuah acara talk show Viva La Donna, Nana menyampaikan pesan untuk kaum perempuan yang masih suka merendahkan diri sendiri, terutama dalam perjalanan meniti karier.

Dalam hal berkarier, perempuan Indonesia saat ini memang masih menemukan sejumlah kendala. Sejumlah penelitian menyebutkan, salah satu faktor yang menjadi kendala tersebut adalah perempuan kerap menganggap rendah diri sendiri.

Perempuan juga cenderung tidak meminta naik jabatan atau gaji saat belum ada bukti prestasi. Mengenai hal ini Nana memberikan pesan bahwa, "Kita perempuan sering menganggap rendah diri sendiri. Kenapa kita tidak mau mengakui kesuksesan. Untuk perempuan kesuksesan sering berkorelasi negatif sedangkan pria positif. Kita sukses karena kita bisa dan kita sukses ketika kita mendukung perempuan lain juga." 

Menurut Nana, ada kecenderungan perempuan untuk saling menjatuhkan. Padahal perempuan sendiri sudah sering menganggap dirinya rendah. Ia pun menekankan pentingnya perempuan untuk saling mendukung dan mementori. 

"Ada 'queen bee syndrome' di mana wanita sering kali menjatuhkan bukan mendukung sesama. Karena itu, kita harus saling support agar bisa sukses dan buat perempuan lain sukses dalam waktu bersamaan," kata Nana.

RECOMMENDED FOR YOU