OASE
Menjaga kebersihan masjid
2017-06-24 00:40:00

Menjaga Kebersihan Masjid, Amalan Berbuah Rumah di Surga

BY DINA LATHIFA

Kehadiran sebuah masjid ibarat sebuah Oase yang menyejukan bagi setiap hamba yang ingin lebih khusyu beribadah. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat berkhalwat dengan Tuhan, tetapi juga berperan sebagai sarana ukhuwah dan pusat segala aktivitas dengan tujuan menegakan Amar ma'ruf nahi munkar

Namun banyak yang tak menyadari bahwa ada amalan lain yang tak kalah istimewanya selain beribadah di dalam masjid. Yaitu, ikut menjaga kebersihan dan kerapiannya. Dengan kata lain, membersihkan masjid sama artinya dengan memuliakan Allah SWT. 

Mungkin terdengar sepele tapi Rasullulah SAW sendiri membenarkan bahwa ada amalan kecil yang derajatnya membuka pintu surga bagi hamba yang melakukanya. Seperti kisah Ummu Mahjan, salah seorang sahabat nabi yang tinggal di Madinah. Ia tergolong sahabat yang miskin dengan fisik yang lemah. Keterbatasanya itu membuat ia sangat rindu mencari pahala agar dicintai oleh Allah dan Rasul. Ketika orang lain berbuat amal shaleh dengan menyumbangkan sebagian harta mereka untuk kepentingan agama dan kaum muslimin, ia hanya bisa menangis dalam ketiadaan. 

Ia benar-benar tidak bisa mengeluarkan harta untuk beramal shaleh karena kemiskinannya. Namun ia sudah bertekad bahwa ia akan melakukan kebaikan demi kemuliaan agama Allah SWT dengan segenap kemampuanya. Salah satu amal shaleh yang ia lakukan adalah memelihara Masjid. Dengan ketekunannya ia berhasil membuat Masjid menjadi benar-benar bersih. Melihat apa yang Ummu Mahjan lakukan maka Rasulullah SAW pun sangat terkesan dan kagum. Bahkan disaat seorang Ummu Mahjan meninggal, Rasullulah turut menyalatkan dan berdoa kepada Allah agar Ummu Mahjan mendapat rumah terbaik di surga. 

Dari kisah ini bisa dilihat bahwa seorang Ummu Mahjan yang sekalipun miskin dan lemah, selalu berusaha berbuat amal shaleh sesuai dengan kemampuannya. Ia juga menginspirasi kaum muslimin bahwa tidak boleh menganggap sepele suatu amal walaupun terlihat kecil. Karena dengan kebaikan yang dilakukannya, Ummu Mahjan mendapat perhatian dari Rasulullah SAW hingga ia wafat. 

Keistimewaan dari amalan membersihkan masjid inilah yang dijadikan ide oleh Kawan Baik (Apps Developer) untuk menciptakan sebuah program bernama Bersih-Bersih Mushala bersama Bazis DKI yang telah dijalankan pada 6 masjid di Ibukota Jakarta. Diharapkan antusiasme program ini akan terus berlanjut ke luar ibukota. Dalam waktu dekat, Kawan Baik juga akan menghadirkan sebuah program baru bernama Bersih-Bersih Masjid bersama Freeport di beberapa masjid di DKI Jakarta. So, bagi sahabat Saliha yang ingin berpartisipasi bisa ikut menjadi relawan dengan cara mendaftarkan diri ke redaksi Saliha yang bisa dicek di website Saliha. Jangan lupa ajak sahabat atau komunitas kamu agar bisa sama-sama memetik pahala dalam melakukan amalan menuju Surga. 

RECOMMENDED FOR YOU