OASE
2018-04-26 13:43:00

Harus Tahu, Inilah 6 Manfaat Salat Bagi Kesehatan

BY TIM EDITOR

SALIHA.ID - Selain sebagai kewajiban bagi orang muslim, ternyata salat juga mengandung banyak manfaat dalam bagi kesehatan tubuh kita, sahabat Saliha. Karena segala kewajiban yang Allah perintahkan sejatinya memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia itu sendiri.

Gerakan salat dari gerakan saat berdiri takbir hingga duduk salam saat selesai salat, memiliki manfaat dari sisi kesehatan, antara lain : 

Takbiratul Ihram.

Saat seseorang melakukan takbiratul Ihram, gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening  dan menambah kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Selain itu, otot kedua tangan serta bahu akan berkontraksi, sehingga lebih kuat dan kencang.

Gerakan rukuk

Gerakan rukuk dengan benar dan sempurna, yaitu posisi tulang belakang yang lurus dengan kepala, akan mengalirkan darah secara maksimal. Posisi jantung yang sejajar dengan otak, aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah.

Sedangkan tangan yang bertumpu di lutut berfungsi sebagai relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Aliran darah terutama pada bagian tubuh atas akan lebih terasa lancar. Rukuk juga melatih kekuatan otot perut, otot paha, dan otot betis belakang.

I’tidal

Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. Manfaat i’tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar, terhindar dari gangguan penyakit di sekitar perut.

Sujud

Saat melakukan gerakan sujud, menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah penuh oksigen mengalir maksimal ke otak, sehingga otak menjadi lebih sehat. Lakukan sujud dengan tenang dan jangan tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak.

Ketika manusia bernafas secara normal,, maka sepertiga udara akan tersisa di paru-paru. Sujud bagi wanita juga memberikan manfaat luar biasa, bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk

Gerakan duduk di mana pantat dan paha bertumpu pada bagian kaki bawah. Duduk ada dua macam saat tahiyyat awal dan tahiyyat akhir. Perbedaanya pada posisi telapak kaki. Pada posisi tahhiyat awal, menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tidak mampu berjalan, dan mencegah impotensi.

Duduk posisi tahhiyatul akhir sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih dan kelenjar kelamin pria. Duduk saat tahhitat akhir maupun akhir menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Dapat juga berfungsi mencegah penyakit linu atau nyeri pada bagian kaki.

Salam

Gerakan yang terakhir dalam salat yaitu salam, kepala bergerak ke kanan dan kiri secara bergantian. Walau gerakannya sederhana namun jika dilakukan dengan benar bermanfaat untuk relaksasi otot sekitar leher dan kepala. Relaksaki ini menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini juga dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah, juga terhindar rasa pegal pada bagian leher.

Meski bukan ditujukan untuk menggantikan olah raga harian, ternyata ada kelebihan sendiri melakukan ibadah salat. Semakin banyak salat (wajib dan sunah) akan semakin baik, karena pada dasarnya, seluruh gerakan salat bertujuan meremajakan tubuh. Semoga sahabat Saliha mampu melaksanakan salat demi kebaikan dunia dan akhirat. Aaamiiin.

Tulisan ini merupakan kiriman kontributor Purwani, Cikarang.