OASE
2018-07-06 03:37:00

Siapa Sih yang Dimaksud Milenial Muslim Indonesia

BY TIM EDITOR

SALIHA - Sahabat Saliha mungkin saat ini sering mendengar tentang generasi milenial muslim yang sedang berkembang dengan pesat di Indonesia. Namun, apakah sahabat Saliha tahu siapa sih yang masuk dalam kategori milenial muslim tersebut. 

Secara sederhana, generasi milenial muslim Indonesia bisa dipahami sebagai populasi Muslim Indonesia yang lahir dalam kurun 1980-2000 atau sering disebut sebagai generasi M. Hal ini mengikuti pembagian generasi yang dilakukan oleh Pew Research Center dalam laporan mereka bertajuk Millenials: A Portrait of Generation Next (2010). Sementara itu, menurut data BPS RI, jumlah populasi yang bisa dikategorikan sebagai generasi Muslim milenial ini berkisar 29,97%, diambil dari total populasi penduduk berusia 15-34 tahun yang berjumlah 34.45%.

Secara karakteristik, generasi muslim milenial adalah generasi muda muslim yang terikat oleh cara memandang dunia bahwa keimanan dan modernitas bisa berjalan beriringan. Generasi muslim milenial dapat kita pandang sebagai pionir muslim muda modern saat ini. 

Namun perlu kita pahami, bahwa tidak semua muslim merupakan bagian dari generasi M. Menurut Shelina Janmohamed, seorang penulis buku best seller asal London berjudul Love in a Headscarf  yang juga Vice President Ogilvy Noor, agensi branding dan periklanan Islam, Generasi M adalah mereka yang bangga dengan kepercayaan mereka, bersifat antusias, dinamis, aktif, kreatif, namun demanding. Keberadaan mereka ini akan mengubah budaya dengan cara yang “lembut”.

Selain itu, ide bahwa sains mengakar kuat pada era keemasan peradaban Islam adalah salah satu faktor yang mendorong mereka untuk mendapatkan kembali posisi mereka di kehidupan modern dan menawarkan pandangan dan bukti bahwa tidak hanya agama bisa berjalan beriringan dengan modernitas, melainkan agama juga mampu menginspirasi modernitas.

RECOMMENDED FOR YOU