Jelaskan cara menyimpulkan teks laporan percobaan dengan baik

Jelaskan cara menyimpulkan teks laporan percobaan dengan baik

Jelaskan cara menyimpulkan teks laporan percobaan dengan baik!

 

Jawaban

Telah terdapat cara untuk menyimpulkan isi dari teks laporan percobaan dengan baik yaitu ialah sebagai berikut:

  • Bacalah terlebih dahulu teksnya dengan teliti, cermat, dan juga menyeluruh.
  • Catatlah seluruh kata kunci dan juga kalimat utama yang terdapat pada setiap paragraf tersebut.
  • Susunlah catatan ringkas yang telah dibuat tersebut dan jadikanlah menjadi sebuah simpulan.

Pembahasan

Pengertian dari teks laporan percobaan yaitu ialah sebuah bagian yang terdapat dari pertanggung jawaban oleh suatu penelitian yang di mana telah berisi dengan penjelasan mengenai tujuan, proses untuk menjadi hasil dari suatu percobaan.

Fungsi dari adanya sebuah teks laporan percobaan ini yaitu ialah untuk dapat melaporkan hasil dari percobaan, praktikum, maupun karya ilmiah.

Telah terdapat pula struktur dari teks laporan percobaan yaitu ialah sebagai berikut:

  • Judul
  • Pendahuluan
  • Alat dan juga bahan

Sebuah teks laporan percobaan ini tentu saja harus telah menjelaskan mengenai langkah dari kegiatan percobaan. Dari struktur teks laporan percobaan satu ini umumnya telah dijelaskan dengan terperinci selangkah demi langkahnya tersebut.

Tujuan dari teks laporan percobaan yaitu untuk dapat menyajikan sebuah hasil yang dilakukan dari percobaan tersebut ke dalam bentuk tulisan yang dapat dibaca oleh orang lain maupun menjadi rujukan di dalam percobaan ataupun penelitian yang selanjutnya.

 

Kesimpulan

Cara menyimpulkan teks laporan percobaan dengan baik yaitu: menentukan tema teks laporan percobaan, menentukan objek percobaan, menentukan ide pokok dalam setiap pembahasan, mencari informasi penting dalam setiap pembahasan, dan merangkai ide pokok dengan informasi penting menjadi paragraf singkat.