OASE
2018-04-05 18:02:00

Sembuhkan Penyakit Hati dengan Amalan Mulia

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Dalam menjalani kehidupan ini kita seringkali berhadapan dengan sebuah perbedaan, Entah dengan teman, keluarga maupun aktivitas yang tengah digeluti. Memang bukan persoalan mudah untuk menjalani kehidupan sosial di era yang kian modern ini. Ada saja perilaku maupun perkataan yang sesekali melukai hati.

Setiap masing-masing diri manusia memiliki berbagai penyakit hati yang bisa saja menimbulkan kesengsaraan baik di dunia maupun di akhirat. Misalnya saja, sombong, takabur, ria, dengki, iri, suuzon, dan ujub.

Rasulullah SAW pernah bersabda: "Sesungguhnya dalam diri manuisa terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya dan bila ia rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu ibarat sebuah hati." (HR Bukhari)

Untuk menepis segala penyakit hati, Islam telah memberikan upaya yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari hari, di antaranya:

1. Rajin Membaca Alquran

Kitab suci memang memiliki keajaiban dalam kehidupan manusia. Bacaan serta arti dari setiap ayat mengandung makna sebagai pembimbing hati untuk selalu mawasdiri. Insya Allah hati terasa tentram usai membaca Alquran.

2. Salat Tahajud

Ketika jutaan orang tidur di malam hari, Allah menjanjikan sebuah kedamaian bagi muslim yang mau beribadah di sepertiga malam. Menumpahkan segala rasa yang ada di hati hanya kepada Allah, mengadu dan meminta untuk senantiasa meredam segala permasalahan yang terjadi.

3. Berkumpul dengan orang salih

Mengikut berbagai kegiatan majelis taklim guna memperdalam pengetahuan kita tentang Islam merupakan salah satu cara ampuh menghilangkan penyakit hati. Ketika kita berada di tengah orang-orang salih, kita bisa lebih membentengi diri.

4. Berpuasa

Bukan hanya lapar dan haus, puasa juga sering dijadikan sebagai pembatas diri dari segala penyakit hati. Bersabarlah serta ikhlas merupakan kunci utama.

5. Berdzikir

Perbanyaklah berdzikir, memohon ampun atas segala kekhilafan. Sesungguhnya bacaan zikir membuat hati kita senantiasa diselimuti ketenangan.

Nah, itulah hal-hal yang bisa membantu kita untuk melebur segala penyakit hati. Semoga kita bisa selalu menjadi muslim yang pemaaf serta melapangkan segala kejanggalan di hati.

 

RECOMMENDED FOR YOU