OASE
2017-11-30 09:00:00

Cinta Pada Rasulullah? Sudahkah Kita Melakukan 5 Hal ini?

BY DEE

SALIHA.ID - Cinta itu seperti memelihara tanaman, jika tidak disiram, lama-lama tanaman itu akan layu dan mati. Begitu juga jika kita mengaku seorang muslimah. Itu artinya kita juga harus mencintai Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah.

Lalu bagaimana cara mewujudkan cinta tersebut? Sudahkah kita tahu dan mengamalkannya?

Dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW, yuk kita tengok kembali hati dan tindakan kita. Mari kita kaji kembali sudah sejauh apa cinta kita kepada Rasulullah SAW.

Berpegangan pada Alquran

Salah satu cara menunjukkan kecintaan kita pada Rasulullah adalah dengan berpedoman pada Alquran

Rasulullah datang untuk ke bumi untuk membawa pesan Alquran. Berpedoman dan mengamalkan isi Alquran merupakan salah satu cara menunjukkan kecintaan kita pada Rasulullah.

“Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu Kitabullah (Al Qur’an) dan sunnah Rasulullah Saw.” (HR. Muslim)

“Sesungguhnya Allah, dengan kitab ini (Al Qur’an) meninggikan derajat kaum-kaum dan menjatuhkan derajat kaum yang lain.” (HR. Muslim)

Karena itu, yuk kita semakin sering membuka Alquran dan membaca dalam-dalam isinya. Lebih banyak juga mencari ilmu tentang Alquran dari guru agama yang terpercaya dan berilmu tinggi.

Mengikuti sunah Rasulullah

Tidur dengan menghadap kanan merupakan salah satu sunah Rasulullah yang dapat kita tiru.

Sunah Rasulullah merupakan semua bentuk ucapan, perbuatan, pembiaran, akhlak Rasulullah yang menjadi sumber syariat bagi umat Islam.  Ada banyak contoh sunah Rasulullah yang dapat kita tiru untuk menjadikan kita individu yang lebih baik. Misalnya, menjaga wudhu, bersiwak, saat tidur menghadap ke kanan, segera menunaikan salat, mengenakan sandal dengan kaki kanan dan melepaskannya dengan kaki kiri, dan lain-lain. 

BACA JUGA: Inilah sunah Rasulullah yang terbukti secara ilmiah 

Membaca biografi Rasulullah

Cara lain dalam mencintai rasulullah adalah mempelajari kehidupan beliau sendiri. Ada banyak bagian dari kehidupan Rasulullah yang dapat kita pelajari dan kita contoh. Misalnya, kita dapat mengikuti cara Rasulullah dalam berdagang, cara Rasulullah dalam berumah tangga, cara Rasulullah mencintai hewan dan alam sekitar, dan lain-lain.

Dengan demikian, kita bisa menerapkannya dalam kehidupan kita sendiri. Setiap kali kita menemukan masalah, cobalah mencari tahu. Kira-kira bagaimana ya Rasulullah bertindak?

Membaca selawat nabi

Berselawat tidak harus panjang. Yang penting konsisten dan terus menerus.

"Sesiapa yang mengucapkan selawat kepadaku satu kali, maka Allah akan berselawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa) nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)." HR An-Nasa'i No. 1292, Ahmad, sahih)

Kita bisa berselawat sebagai wujud cinta kita kepada Rasulullah. Meski demikian, sebenarnya membaca selawat juga memiliki banyak manfaat. Dengan sering-sering membacanya, beban di hati akan berkurang dan hati yang gelisah dapat menemukan ketentraman.

Berselawat tidak harus panjang, kok. Cukup lakukan semampunya. Selama konsisten dan terus menerus, itu sudah baik.

Salah satu bacaan selawat yang ringkas adalah: “Alllahuma sholli 'ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi”, yang berarti: “Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad nabi yang Ummi.”

Mencintai apa yang dicintai Rasullah

Cara lain untuk memperkuat kecintaan kita kepada Rasulullah adalah dengan mencintai apa yang disayangi oleh Rasulullah. Sahabat dan keluarga Rasulullah, misalnya, adalah golongan yang dicintai oleh Rasulullah.

Kita juga bisa meniru ibadah dan kebiasaan Rasulullah. Misalnya, berbuka puasa dengan kurma.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam berbuka puasa sebelum salat maghrib dengan beberapa kurma basah. Jika tidak ada maka dengan beberapa kurma kering. Jika tidak ada, maka beliau hanya meminum beberapa teguk air.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

BACA JUGA: 7 cara makan ala Rasulullah 

Hal lain yang disukai oleh Rasulullah adalah kucing. Meski bukan sunah, Islam memiliki tradisi menghargai kucing dan banyak umat muslim memelihara kucing. Apalagi terdapat ancaman serius bagi mereka yang menganiaya kucing. Ini bukan berarti kamu harus segera memelihara kucing, ya. Namun setidaknya, janganlah kita menyakiti hewan lucu ini.

Nah itulah beberapa cara untuk menunjukkan kecintaan kita kepada Rasulullah. Semoga Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini dapat menjadi pendorong kita dalam meningkatkan kecintaan pada Rasulullah, ya. 

RECOMMENDED FOR YOU