TRAVEL
2018-08-09 10:34:00

Bulan Penuh Semangat, Ini Festival Wisata Sepanjang Agustus

BY TIM EDITOR

SALIHA.ID - Agustus rasanya menjadi bulan yang penuh semangat, selain karena akan merayakan Hari Kemerdekaan, ternyata juga akan diadakan banyak festival di berbagai daerah di Indonesia.

Nah, ini dia beberapa festival keren sepanjang bulan Agustus yang dapat sahabat Saliha ikuti:

Festival Buleleng, Bali (2-6 Agustus)

Festival wisata yang digelar tiap tahun di bulan Agustus ini punya daya tarik tersendiri karena menampilkan seluruh situs kota yang dimiliki kawasan Bali Utara sebagai tempat gelaran. Mulai dari Tugu Singa Ambararaja, Jembatan Tua Pelabuhan, hingga Pura Kanginan dan Sasana Budaya. Festival ini akan menampilkan keragaman Bali, kekayaan dan kreativitas masyarakat Singaraja, mulai dari pameran karya seni, kuliner, atraksi seni dan budaya, kompetisi, musik, peragaan busaya, hingga seminar.

Festival Pesona Lipuku, Sulawesi Tengah (6-12 Agustus)

Jika Anda ingin menemukan keindahan Indonesia yang lain datanglah ke Festival Pesona Lipuku, karena Anda akan menemukan pulau-pulau kecil yang menawan di Sulawesi Tengah, seperti Pulau Sombori dan Pulau Togean.

Festival Pesona Lipuku sendiri akan diisi beragam acara, mulai dari fun bike, tari-tarian tradisional, berbagai kompetisi, hingga pesta kuliner. Festival ini juga akan memperkenalkan wistawan pada keindahan 6 pulau terindah yang ada di Sulawesi Tengah, termasuk Togean yang masuk dalam bagian segitiga terumbu karang selain Filipina dan papua Nugini.

Festival Lembah Baliem, Papua (8-10 Agustus)

Festival Lembah Baliem merupakan kesempatan bagi banyak orang untuk menyaksikan beragam suku di Papua berkumpul. Banyak acara menarik yang digelar sepanjang festival yang diselenggarakan tiap tahun ini. Mulai dari simulasi perang suku, tarian tradisional, hingga pesta kuliner khas Papua. Acara yang dipusatkan di Kabupaten Jayawijaya ini bertujuan mengenalkan kembali dan melestarikan nilai dan budaya suku tradisional Lembah Baliem. Tak hanya budaya, festival ini juga akan memperkenalkan wisatawan dengan keindahan yang dimiliki Lembah Baliem.

Festival Pasar Terapung, Banjarmasin, Kalimantan (24-26 Agustus)

Inilah festival paling terkenal di kota seribu sungai Banjarmasin. Pada festival ini wisatawan akan menyaksikan sebuah pasar tradisional yang semua pedagangnya menggunakan perahu atau jukung. Festival pasar Terapung kali ini akan diramaikan dengan parade budaya, karnaval fashion Banjar, Festival Hadrah, Game Tradisional Balogo, Festival kuliner, hingga lomba dekoraasi perahu tradisional jukung.

Pagaralam Heritage Trail, Sumatera Selatan (8-11 Agustus)

Siapa yang tidak tahu keindahan Pagaralam? Bumi Basemah yang kaya bebatuan megalit ini terkenal dengan keindahan alam pegunungannya yang memukau. Dalam gelaran Pagaralam Heritage Trail wisatawan akan diajak mengunjungi beragam situs heritage yang dimiliki Pagaralam, mulai dari beatuan megalit, menyusuri desa tertua, mengunjungo petani kopi, hingga menikmati keindahan Gunung Dempo. Pagaralam Heritage Trail sendiri akan memulai perjalanan dari Gua Macan, menyusuri megalit bumi basemah, hingga melintasi danau kaldera Gunung Dempo.

Dieng Culture Festival, Jawa Tengah (3-5 Agustus)

Event wisata yang masuk top 100 Calendar of Event pariwisata Indonesia ini semakin menarik dari tahun ke tahun. Tahun ini rencananya akan ada atraksi wisata baru, seperti festival tumpeng dan festival bunga. Tiap tahun Dieng Culture Festival menyuguhkan beragam acara menarik untuk wisatawan, mulai dari pertunjukkan Jazz di Atas Awan, kirab budaya pemotongan rambut anak gimbal, hingga pertunjukkan sendratari. Bagi Anda yang ingin menyaksikan semua keseruan Dieng Culture Festival 2018, sediakan budget lebih ya.

RECOMMENDED FOR YOU