TRAVEL
Packing untuk kuliah sekaligus travelling ke Italia
2018-01-12 15:48:00

Kuliah di Italia? Jangan Lupa Bawa 7 Benda Ini dalam Koper

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Berencana mengunjungi negara pembuat pasta? Atau lebih dari itu, sahabat Saliha ingin menekuni pendidikan di Italia? Maka harus bersiap-siap menyusun isi koper untuk membawa segala sesuatu yang dibutuhkan, mulai dari pakaian yang sesuai untuk empat musim, peralatan mandi dan kecantikan, laptop untuk menyelesaikan tugas, sepatu dan sendal yang nyaman untuk dikenakan, dan berbagai perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan di sana selama beberapa bulan lamanya.

Daftar barang yang dibawa bisa sangat panjang, dan mungkin masih ada yang terlupa untuk dibawa. Melansir dari Elite Daily, ada 7 benda yang wajib dibawa saat ingin mengunjungi negara tempat kelahiran Leonardo da Vinci ini.

1. Bantal dan makanan khas dari rumah

Ada kalanya saat bepergian jauh dalam jangka waktu yang lama, muncul perasaan home sickness yang begitu mengganggu. Rasa rindu akan rumah yang sulit untuk diobati karena sahabat Saliha berada di benua berbeda. Jadi untuk berjaga-jaga, bawa bantal yang biasa digunakan serta makanan khas Indonesia buatan rumah. Dua benda ini akan mengurangi rasa rindumu pada keluarga dan teman.

2. Buku Jurnal

Traveling akan mengisi hidupmu dengan banyak pengalaman untuk diceritakan kembali. Tidak ada salahnya untuk merekam semua momen yang dialami dengan menuliskannya pada buku jurnal. Meski memiliki laman blog atau media sosial, benda kecil ini terasa lebih praktis dan mudah dibawa ke mana pun sehingga kamu bisa menulis di mana pun. Plus, kegiatan ini tidak membutuhkan kuota atau free wifi, kok!

3. Buku Sketsa

Selain buku jurnal, jangan lupa memasukkan buku sketsa dalam koper. Sebab Italia adalah tanah kelahiran para seniman terkenal, dan suasana kotanya pun tak luput dari nuansa seni yang kental. Tentu saja, kamu bisa mengabadikan hal-hal yang akan ditemui dengan kamera. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengungkapkan keindahan itu dengan goresan tangan.

Tidak perlu membutuhkan bakat, lakukan dengan inspirasi yang mengalir deras dalam tubuh.

4. Selai Kacang

Percaya atau tidak, sahabat Saliha akan sulit menemukan selai kacang di negara itu. Namun sebaliknya, akan sangat mudah menemukan nutella! Kalau terbiasa makan roti dengan peanut butter, bawa setoples mini dalam koper sebagai penyelamat sarapan di sana.

5. Beach Towel

Tidak hanya terkenal dengan makanan dan keindahan kota, Italia juga memiliki destinasi alam yang menawan, salah satunya Laut Mediteranian. Jangan menahan diri untuk tidak mengunjunginya, maka persiapkan perlengkapan pantai dalam kopermu!

6. Peta

Selalu ada jalan menuju Roma, dan kamu sedang dalam proses ke arah itu. Jalan di negeri itu cukup bercabang dan banyak gang kecil, sehingga besar kemungkinan akan tersasar saat baru beradaptasi di sana. Jadi, tidak ada salahnya untuk mendapatkan peta Italia karena itu akan sangat membantu.

7. Kamera

Sudah pasti, ya? Jangan lupa membawa kamera dan memori yang cukup untuk menyimpan semua foto-foto digital itu. Ingin lebih vintage? Bawa kamera analog dan tabung roll film yang banyak. Jangan sampai, sahabat Saliha kehabisan ruang untuk menyimpan semua pengalaman yang dihabiskan di Italia, nanti!

Selamat menikmati Italia! Selamat mengisi hidup dengan pengalaman travelling yang menyenangkan! Buon viaggio!