TRAVEL
2018-06-12 11:08:00

Menyusuri Sungai Nil, Jantung Hatinya Mesir

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Selain piramida dan Sphinx, ikon Mesir yang menarik untuk dijelajahi yaitu Sungai Nil. Sungai yang namanya diabadikan dalam kisah Nabi Musa AS di Alquran tersebut memang melegenda. Bahkan konon katanya, tanpa Sungai Nil peradaban Mesir Kuno tak pernah ada.

Sungai terpanjang di dunia tersebut memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat Mesir. Bahkan ada ungkapan "Sungai Nil adalah hadiah untuk bangsa Mesir". Keberadaannya telah lama dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, mulai dari pertanian, perikanan, pembangkit tenaga listrik, sarana transportasi hingga pariwisata.

suasana di sekitar Sungai Nil di Mesir

Meski sangat identik dengan Mesir, sesungguhnya Sungai Nil berkelok-kelok membelah 9 negara. Antara lain  Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burunda, Sudan dan tentu saja Mesir. Di negeri para fir'aun tersebut, Sungai Nil mengalir ke beberapa kota seperti Kairo, Aswan, Gondokoro, Khartoum, Karnak, Thebes dan Alexandria.

Nah, salah satu cara populer untuk melacak jejak peradaban Mesir kuno di tepian Sungai Nil yakni dengan menggunakan kapal pesiar seperti Kapal Fellucca. Kapal kayu yang telah digunakan selama ribuan tahun lalu ini akan membawa sahabat Saliha merasakan petualangan yang tak biasa.

Kapal Fellucca berlayar di Sungai Nil

Sembari berleyeh-leyeh di geladak kapal, nikmati keelokan pesisir Sungai Nil yang dihiasi rindangnya pepohonan palem berlatar bukit bebatuan. Semilir angin yang berhembus sepoi-sepoi akan memberikan suasana tenang sekaligus syahdu. Terlebih saat senja tiba, perpaduan warna keemasan dari matahari terbenam yang memantul di gurun pasir membuat hati tak henti-hentinya berdzikir memuji ciptaan Allah SWT.

Rute pelayaran kapal pesiar juga akan membawa sahabat Saliha ke Provinsi Aswan yang terkenal dengan Bendungan Aswan. Bendungan yang juga disebut El Sad El ‘Aly ini berfungsi untuk menjaga Mesir dari ancaman banjir tahunan Sungai Nil saat musim hujan tiba. 

Nah, jika kamu tertarik mengunjungi Mesir, jangan lewatkan program Plesir ke Mesir yang akan diadakan November 2018 ini. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut ya.

RECOMMENDED FOR YOU