TRAVEL
2018-06-04 13:46:00

Plesir ke Mesir, Jelajahi Eksotisme Negeri Para Fir'aun

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Konon peradaban tertua di muka bumi bermula dari sungai Nil. Sungai terpanjang di dunia itu sangat berpengaruh bagi masyarakat Mesir kuno yang tercatat memiliki peradaban lebih tua daripada bangsa Yunani, Romawi dan Mesopotamia. Kemegahan peradaban tersebut masih bisa dilihat sampai sekarang. Sebut saja Piramida Giza, Sphink serta kuil-kuil peninggalan raja-raja Mesir kuno. 

Di sisi lain, Mesir juga sarat akan sejarah Islam. Banyak kisah dalam Alquran yang terjadi di Mesir. Salah satunya yang paling terkenal adalah kisah Nabi Musa AS dan Fir'aun. Menjelang akhir abad 10, Mesir menjadi pusat kekuasaan dan peradaban Islam di wilayah Afrika Utara. Islam berkembang sangat pesat mulai dari ilmu pengetahuan, kehidupan sosial hingga banyaknya bangunan megah yang didirikan pada saat itu. 

sungai nil

Kejayaan Islam pada masa lampau inilah yang membuat Mesir menjadi destinasi plesiran yang diminati oleh kaum muslim. Selain itu, Mesir juga menduduki peringkat ke 5 sebagai Top 10 Muslim Millennials Outbond Markets (OIC Contries) menurut Master Card-Halal Trip Muslim Millennials Travel Report 2017.

Maka dari itu, Saliha ingin mengajak para sahabat untuk menyaksikan keagungan peradaban Islam di tanah kelahiran Nabi Musa AS tersebut lewat Plesir ke Mesir. Program ini nggak hanya mengajak sahabat Saliha berwisata di tempat-tempat bersejarah lo. Tapi kita juga sekaligus akan memperdalam ilmu travel photography bersama pakar. Cool kan!

Khan El Khalili, Kairo

Beberapa destinasi yang akan kita kunjungi antara lain : komplek Piramida Giza dimana kita bisa melihat secara langsung megahnya Piramid dan Sphinx, masjid tertua di Mesir yaitu Masjid Amr bin Ash, Museum Mesir yang menyimpan 120 ribu koleksi barang-barang antik peninggalan bangsa Mesir, Masjid dan Universits Al Azhar yang merupakan universitas tertua di dunia, pasar tradisional Khan el Khalili  dan tentunya Sungai Nil yang melegenda.

Tak hanya Kairo, sahabat Saliha juga akan diajak mengunjungi Alexandria. Kota di pesisir utara Mesir ini merupakan kota tua yang memiliki banyak peninggalan bersejarah seperti Benteng Qaitbey yang berada di bibir laut Mediterania, Istana Montaza yang dikelilingi taman indah seluas 61 hektar dengan pemandangan laut, perpustakaan tertua di dunia yaitu Perpustakaan Alexandria, Jembatan Cinta dan juga Jembatan Stanley yang memukau. 

Istana Montaza

Di hari terakhir, Saliha akan mengajak para sahabat untuk melaksanakan ibadah umroh serta ziarah di kota Mekah sebelum pulang ke Indonesia. Seru kan! Nggak cuma senang-senang saja, tapi kita sekaligus memperdalam ilmu dan tentunya juga menambah pahala. Masih ngerasa kurang? Ada lagi nih. Hasil foto peserta akan dilombakan dan beberapa foto terbaik akan ditampilkan di saliha.id Wow!!! 

Nah, buat sahabat Saliha yang tertarik mengikuti program Plesir ke Mesir, stay tune terus di saliha.id ya! 

RECOMMENDED FOR YOU