TRAVEL
2018-07-05 18:13:00

Menelusuri Lorong Waktu di Khan El Khalili

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Kurang lengkap rasanya jalan-jalan ke Kairo tanpa mengunjungi Khan El Khalili. Pasar yang menjual aneka ragam suvenir ini awalnya merupakan caravanserai atau semacam penginapan bagi para pedagang dari mancanegara yang dibangun pada 1382 oleh Emir Djaharks el-Khalili, seorang pejabat kerajaan dinasti Mamalik. 

Gaya bangunannya yang kuno dengan lorong berisi penjual yang menawarkan berbagai pernak-pernik khas Timur Tengah, ibarat mesin waktu yang dapat membawa kita seakan-akan kembali ke negeri piramida di masa lampau. Menjelajahi lorong-lorong Khan El Khalili bak menelusuri labirin berisi harta karun barang antik. 

Sebagai pusat kegiatan ekonomi sekaligus tempat wisata, Khan El Khalili selalu penuh sesak dengan orang-orang yang hendak membeli oleh-oleh khas Mesir. Sahabat Saliha bisa menemukan mulai dari pakaian, perhiasan, lampu, pashmina, karpet, shisha, alat musik tradisional, obat herbal, parfum hingga bumbu dapur. 

Selain itu, tersedia pula kertas papyrus yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu di Mesir. Kertas papyrus terbuat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Pada zaman Nabi Muhammad SAW pohon papyrus banyak digunakan sebagai tikar, menulis Al-Qur’an, dan juga sebagai obat tradisional. Nah, sebagai oleh-oleh, kamu bisa memilih lukisan papyrus yang dicetak atau dilukis tangan.

masjid al husain

Tak hanya berisi pedagang, Khan El Khalili juga menawarkan petualangan kuliner dengan banyaknya restoran, penjual makanan kaki lima dan kedai kopi yang menyajikan kopi Arab serta sisha. Salah satu kedai kopi yang patut dikunjungi adalah Fishawi Cafe yang telah berjualan sejak 200 tahun lalu. Wow! 

Tapi tak ada salahnya jika sahabat Saliha membawa bekal. Mengingat biasanya harga makanan untuk turis asing dibandrol lebih mahal. Kamu bisa menyantap bekal tersebut di sebuah taman yang terletak di depan masjid Al Husein. Masjid bersejarah ini namanya diambil dari nama salah satu cucu Nabi Muhammad SAW. Usai berbelanja, sahabat Saliha bisa meneruskan petualangan dengan menyebrang jalan menuju taman dan Masjid Al-Azhar yang terkenal. 

Nah, buat sahabat Saliha yang tertarik mengunjungi Khan El Khalili, yuk ikutan Plesir ke Mesir. Program dari Saliha Travel ini akan mengajakmu liburan sambil belajar. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut ya!

RECOMMENDED FOR YOU