TRAVEL
2018-09-20 11:00:00

Menengok Sejarah Mesir Kuno di Museum Kairo

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Museum Mesir merupakan destinasi wajib yang harus kamu kunjungi ketika traveling ke Kairo. Terutama bagi sahabat Saliha yang ingin mengenal lebih jauh mengenai sejarah Mesir. 

Museum yang dibangun sejak 1835 ini merupakan rumah bagi 120 ribu artefak antik milik bangsa Mesir Kuno. Mulai dari fragmen-fragmen kecil papyrus yang berisi naskah dengan bahasa Yunani, Latin, Arab, dan tulisan hieroglif. Ada pula koin-koin yang terbuat dari emas, perak dan perunggu. Koin-koin itu diketahui berasal dari bangsa Yunani, Romawi, dan Islam.

Di sini juga ada 11 mumi beserta makamnya yang tersimpan di The Royal Mummies Chamber. Misalnya mumi Firaun Thutmosis III, Thutmosis IV, Amenophis II, dan Hatshepsut. Juga ada mumi utuh dari Firaun Tutankhamun dan Psusennes I. Selain itu, terdapat berbagai macam artefak seperti patung, meja, dan sarkofagus (peti mati). 

Bangunan dua lantai yang juga disebut The Museum of Antiquities ini dulunya sempat ditutup karena terjadinya Revolusi Mesir pada 2011. Sejak kejadian itu, beberapa koleksi hancur dan hilang. Untungnya pengelola museum berhasil menemukan sebagian artefak yang hilang dan melakukan usaha renovasi pada September 2013. 

Museum yang dibuka kembali pada Oktober 2015 ini merupakan tempat wisata populer di Kairo. Oleh karenanya, disarankan sahabat Saliha mengunjungi museum ini di pagi hari agar memiliki banyak waktu untuk menjelajahi semua bagian dalam museum dan terhindar dari keramaian pelancong.

Nah, buat sahabat Saliha yang tertarik mengunjungi museum Kairo, yuk ikutan Plesir ke Mesir. Program dari Saliha Travel ini akan mengajakmu liburan sambil belajar. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut ya!

RECOMMENDED FOR YOU