TRAVEL
2018-02-28 12:24:00

Wah, Turis Muslim Ternyata Suka Berwisata ke Museum Doraemon

BY TIM EDITOR

SALIHA.ID - Nama-nama tokoh kartun Doraemon, Nobita, Suneo, Giant dan  Shizuka sudah begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia.  Doraemon, robot kucing dari masa depan ini memang menjadi idola segala usia, dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Kisah tentang robot kucing Doraemon yang bersahabat baik dengan manusia bernama  Nobita begitu populer dari awal kemunculnnya di tahun 1969 hingga kini.  Bahkan stasiun televisi swasta ini masih setia menayangkan serial Doraemon hingga kini. Maka tak heran bila pernak pernik Doraemon laris manis di mana-mana.

Doraemon merupakan salah satu karya fenomenal dari kartunis dan manga bernama Fujiko F. Fujio. Sudah banyak karya Fujio yang mendunia, antara lain Eser Mami dan P-Man.  Nama ‘pencipta’  Doraemon diabadikan menjadi nama sebuah museum – Fujiko F. Fujio Museum atau Museum Doraemon.

Museum Doraemon berlokasi di Kota Kawasaki, Kanagawa  Perfektur. Letaknya dekat dengan Shinjuku atau pusat kota Tokyo. Bila kamu sekeluarga ingin liburan ke Jepang,  mungkin Museum Doraemon ini bisa menjadi pilihan cerdas untuk berwisata.  Di kalangan masyarakat Jepang ada ungkapan “Jangan Katakan Anda Cinta Doraemon Bila Anda Tidak Berkunjung ke Fujiko Museum.

Jadi bikin penasaran ya. Ada apa saja di Museum Doraemon?  Museum Doraemon dibuka pada 3 September 2011. Di museum ini para pengunjung bisa berjumpa dengan tokoh-tokoh Doraemon cs dan juga tokoh kartun hasil kreasi Fujiko F. Fujio lainnya.

Ada juga ruang baca atau Manga Corner dengan banyak koleksi buku yang bisa dibaca. Namun komik-komik itu hanya bisa dibaca di ruang baca dan tidak diperjualbelikan.

Bagi anak-anak mungkin tak sabar lagi untuk bermain di lapangan luar museum. Di sini ada ratusan objek Doraemon dan tokoh anime lainnya.  Anak-anak tentu senang bisa berselfi ria dengan tokoh idola dan bisa menjadi kebanggaan untuk diceritakan kepada teman-temannya.

Bagi orang dewasa, Museum Doraemon bisa membawa kenang-kenangan saat masih kanak-kanak.  Maka tidak heran bila Fujiko F. Fujio Museum menjadi tujuan wisatawa favorit turis asal Asia Tenggara.  Yang menarik, bagi turis muslim baik warga warga lokal dan asing, ini merupakan spot wisata wajib yang harus dikunjungi. 

Berdasarkan pantauan havehalalwilltravel.com, situs  travel yang menjadi guidence bagi muslim – banyak muslimah berhijab datang bersama anak-anak ke Museum Doraemon. Mereka terlihat asik menemani anak-anak bermain di area permainan.  Properti yang ada di museum ini dibuat mirip asli seperti yang terdapat di serial Doraemon. Jadi pengunjung merasa  berada di dunia Doraemon.

Setelah puas bermain, pengunjung bisa istirahat sejenak dan mengunjungi kafe yang menjual makanan-makanan unik yang ada di serial Doraemon seperti dorayaki dan agar-agar yang sering Suneo sajikan dan makanan lain yang keluar dari kelapa ajaib. Untuk turis muslim tak perlu khawatir karena makanan dan minuman di sini dijamin kehalalannya.

Bagaimana harga tiket masuk ke Museum Doraemon? Cukup terjangkau, sekitar 1.000 yen Jepang atau sekitar Rp 125 ribu untuk dewasa,  700 yen (Rp 88 ribu) untuk pelajar dan 500 yen (Rp 62 ribu) untuk anak-anak 4 tahun ke atas.

Tulisan ini merupakan kiriman kontributor Setiawan Adiwijaya.

RECOMMENDED FOR YOU