TRAVEL
Persiapan sebelum traveling ke luar negeri
2017-10-12 13:00:00

Traveling ke Luar Negeri? Persiapkan 5 Hal Kecil Tapi Penting Ini

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Jalan-jalan ke luar negeri memang menyenangkan! Mengunjungi kawasan bersejarah, mempelajari budaya berbeda, menjalin silaturahmi dengan kawan baru, dan banyak keseruan lainnya. Namun tentunya sahabat Saliha ingin traveling berjalan lancar dan aman tanpa gangguan, bukan? Karena itu, persiapkan semua kebutuhan, termasuk hal-hal ini:

Visa Negara Tujuan

Apa negara tujuan membutuhkan visa? Jika ya, segera urus sebelum hari keberangkatan. Pertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengurus visa itu, dan pastikan juga paspor yang digunakan masih berlaku minimal enam bulan sebelum kadaluarsa. Nggak ingin, 'kan, perjalanan terganggu karena masalah paspor?

BACA JUGA:

Agar traveling aman, ini yang harus kamu lakukan 

7 Cara cerdas traveling praktis dan ringan buat muslimah

Mengatur Data Internet dan Panggilan Smartphone

Biaya perjalanan ke luar negeri dapat melunjak akibat roaming data internet dan panggilan telepon. Untuk menghindari hal ini,  sahabat bisa dengan berkonsultasi dengan provider untuk memilih dan memasang layanan internasional sesuai kebutuhan. Alternatif lain, matikan data internet dan berkomunikasi dengan memanfaatkan WiFi di negara tujuan.

Plug dan Voltage Adapter

Colokan charger ponsel yang digunakan belum tentu cocok dengan stop-kontak di negara tujuan. FYI, ada banyak jenis stop-kontak dengan susunan lubang yang berbeda. Jadi, cari tahu sumber listrik yang umum digunakan di tempat tujuan dan jangan lupa membeli adapter sebelum berangkat, ya.

BACA JUGA:

Rahasia bikin foto liburan sekeran fotografer profesional

Beritahu Bank atau Perusahaan Kartu Kredit

Jika berniat menggunakan kartu kredit atau kartu debit untuk bertransaksi di negara tujuan, hubungi bank atau perusahaan penyedia terlebih dahulu. Langkah ini tidak terlalu penting. Namun dengan memberi tahu pihak perusahaan, mereka akan membantu kelancaran transaksi yang kamu lakukan saat traveling.

Bayar Tagihan Sebelum Terlambat

Perjalanan bisa saja dilakukan di hari tepat pembayaran tagihan tertentu, dan urusan penting itu dapat terlupakan begitu saja. Saat pulang, sahabat Saliha akan disambut hangat dengan tagihan melunjak. Tidak mau seperti ini, kan? Jadi, pastikan tagihan-tagihan yang harus dibayarkan, sudah diselesaikan sebelum berangkat.

Lakukan persiapan traveling sebaik-baiknya ya, untuk kelancaran liburan yang menyenangkan!  

RECOMMENDED FOR YOU