TRAVEL
Laut Mati tidak bisa dipisahkan dengan sejarah kaum Sodom yang dimurkai Allah swt
2017-11-08 18:00:00

Menelusuri Jejak Kaum Sodom di Balik Keindahan Laut Mati

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Dikenal dengan kadar garam dan mineral yang tinggi, Laut Mati (Dead Sea) menjadi sumber bahan alami untuk produk kecantikan dan kesehatan. Namun di lain sisi, area ini merupakan lokasi suatu kaum yang menerima hukuman dari Allah swt.

Laut Mati adalah danau yang berada di antara Israel, Palestina dan Yordania. Berada di 417m di bawah permukaan laut, airnya berasal dari sungai Yordan. Kadar garam yang dikandung sekitar 32% sehingga tidak ada organisme yang dapat hidup di dalamnya, dan itulah yang menjadi alasan penamaan 'Laut Mati'.

Lokasi ini menjadi situs penemuan kehidupan kota Sodom, tempat tinggal Nabi Luth A.S. sebelum beliau hijrah karena kemurkaan Allah swt pada kaum Sodom.

Diceritakan dalam Al-Quran, kaum Sodom merupakan orang-orang yang tidak menurut pada ajakan Nabi Luth A.S. untuk menyembah Allah swt. Mereka juga melakukan berbagai kejahatan seperti pembunuhan, pencurian, dan penyimpangan seksual. Atas sikap kaum ini, Nabi Luth memohon azab dari Sang Khalik.

Maka Allah swt menimpakan azab-Nya, setelah menyuruh Nabi Luth bersama pengikutnya pergi meninggalkan kota Sodom. Disebutkan dalam Al-Qur'an surat Huud ayat 82: "Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi." Kaum Sodom, termasuk istri Nabi Luth yang membangkang, binasa seketika.

Penemuan kota Sodom ini dilakukan oleh para arkeolog, sekaligus mencari sebab kehancurannya menurut ilmiah. Salah satu teori yang terkenal berasal dari Harris dan Beardow dalam 'The Destruction of Sodom and Gomorrah: A Geotechnical Perspective' dalam jurnal Quarterly Journal of Engineering Geology and Hydrogeology (1995).

Mereka berpendapat bahwa Kota Sodom berdiri di sisi timur Laut Mati bagian utara. Kota ini subur karena kaya sumber air serta adanya deposit aspal besar yang menjadi mata pencaharian penduduknya. Kehancuran kota ini disebabkan gempa dan adanya lontaran aspal akibat tekanan tinggi dari patahan.

Terlepas dari keindahan panorama dan kebaikan yang dikandung Laut Mati, tempat ini menyembunyikan sejarah kaum Sodom yang dimurkai Yang Maha Esa. Penemuan ini menjadi pembelajaran dan pengingat akan kuasa Allah swt pada orang-orang yang menentang-Nya. Subhanallah.  

RECOMMENDED FOR YOU