TRAVEL
Keraton Surakarta - Shutterstock
2017-12-02 10:00:00

4 Tempat Wisata Budaya di Solo, Bikin Ketagihan!

BY TIM EDITOR

SALIHA.ID - Hendak berlibur, tapi beda dari yang biasanya? Nggak sekadar belanja saja tapi juga dapat ilmu baru? Hmm, bagaimana jika kita wisata budaya? Eits, tenang, nggak akan bikin bosan, kok. 

Solo atau Kota Surakarta adalah tempat yang tepat untuk wisata budaya. Di kota yang merupakan tempat kelahiran Presiden Joko Widodo ada beberapa tempat wisata yang tidak akan kamu lupakan. 

Siapkan kamera dan hati kamu karena, bisa-bisa kita ketagihan menjelajah Solo dan nggak mau pulang. 

Keraton Surakarta

Teras Keraton 

Keraton Surakarta adalah ikon sejarah yang luar biasa. Kita bisa belajar mengenai kearifan budaya Jawa, keselarasan dan keluhuran pekerti yang masih terjaga. Ada hal unik ketika memasuki area keraton, yakni kita diharuskan melepas sandal atau sepatu sebagai bentuk unggah-ungguh atau tata krama kita sebagai tamu yang berkunjung. 

Ada juga teras istana yang mempunyai hiasan dominasi warna kuning. Teras ini juga digunakan sebagai tempat tarian sakral Bedhaya Ketawang yang digelar setiap setahun sekali. 

Saat berkeliling museum, ada kok tour guide yang akan menjelaskan detail isi museum berikut sejarahnya. Kita juga dapat menemukan kereta kencana kerajaan, lo.

Ada lagi nih, yang menarik. Di sana ada juga papan himbauan untuk tidak mengambil pasir istana yang dipasang di salah satu pohon. Hal tersebut karena  muncul kepercayaan bahwa pasir keraton bisa menyembuhkan rematik.

Wah, pilih alternatif penyembuhan sih boleh. Tapi, tidak harus merusak kelestarian keraton, kan?

Pasar Klewer
Pasar ini dapat menjadi alternatif bagi kita yang ingin berbelanja buah tangan seperti perlengkapan kostum adat jawa, kain batik, bahkan daster atau baju lain untuk dijual lagi. 

Bagi yang merasa jago menawar harga dan ingin menguji keterampilan menawar, di sini tempatnya. Namun, harga yang ditawarkan tidak akan berbeda jauh kok dengan harga asli. Jadi, jangan terlalu pelit jika menawar ya, kan hitung-hitung jadi sedekah. 

Luangkan waktu lebih banyak untuk berkeliling dan melihat-lihat barang apa yang dicari sebelum memutuskan untuk membeli. Karena, di sini sangat banyak model dan motif, terutama untuk batik. Merk barang yang sama bisa jadi berbeda harga antara penjual satu dengan yang lain, lo. 

Oh iya, jangan lupa beli es dawet dan baju salur khas Solo di sini, ya?

Pasar Triwindu    

Jika kita ingin menemukan benda langka, tak harus selalu ke museum. kita bisa ke Pasar Triwindu untuk membeli barang-barang kuno, mulai dari lampu, uang zaman dahulu, canting hingga lonceng yang saya pegang ini. kita juga harus pintar-pintar bernegosiasi soal harga. 

Namun, jika hanya ingin foto-foto dan melihat pun, tak masalah. Jika kita beruntung, kita dapat menikmati es krim yang terbuat dari durian asli di depan pasar ini. Es krim ini dibandrol dengan harga lima ribu rupiah ditambah rasa asli durian yang sedap menggoda.


 
Taman Sri Wedari

Ada yang mengatakan bahwa taman ini adalah THR (Taman Hiburan Rakyat)-nya Solo. Di sini kita dapat menemukan banyak wahana bermain mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun, tak hanya itu. Bagi yang ingin menghabiskan malam yang tak biasa, kita dapat pula menonton pertunjukkan wayang orang di sini. 

Pertunjukan disajikan secara apik menggunakan bahasa Jawa. Bagi yang tidak mengerti bahasa Jawa, jangan khawatir. Ada layar proyektor yang akan membantu kita memahami dialog tokoh di atas panggung. 

Dan, ada lagi nih yang tak kalah menghibur. Di tengah pertunjukan, terutama saat tokoh petruk dan gareng serta bagong tampil, jangan kaget ya kalau banyak penonton yang melembar barang ke atas panggung. Ini bukan aksi marah atau bosan, kok. 

Jika biasanya melempar barang ke atas panggung adalah ekspresi tidak suka, namun di pertunjukan ini hal tersebut adalah salah satu cara bagi penonton yang ingin nyawer

Di pertunjukan ini tiket dibagi menjadi tiga. VVIP, VIP dan tarif biasa. Perbedaan ketiganya adalah posisi tempat duduk selama acara berlangsung. 

BACA JUGA: Sate Kere, kuliner khas Solo favorit Jokowi 

Tips Wisata Budaya

Agar wisata budaya kamu semakin menyenangkan, coba cek tips berikut ini. 

  1. Sewalah pemandu wisata agar kita dapat mengetahui lebih jauh tentang keraton Surakarta. Tidak hanya dapat memperkaya wawasan budaya, tapi juga dapat dijadikan oleh-oleh perjalanan. 
  2. Bagi kita yang suka berfoto, tidak ada salahnya membawa tongsis agar dapat menjangkau lebih luas view yang hendak kita abadikan.
  3. Jika kita ingin membeli barang di pasar, lebih-lebih jika kita ingin menawar, pilihlah pedagang yang ramah sehingga transaksi kita akan nyaman.
  4. Jangan lupa mencicipi wedang ronde yang dapat kita temui di halaman Pasar Klewer serta es krim durian di depan Pasar Triwindu.
  5. Siapkan daftar jika kita ingin berbelanja banyak pernak-pernik. Hal itu membuat kita lebih fokus dan tidak dibingungkan oleh banyak pilihan yang ada.
  6. Ingin mencari tempat menginap? Supaya petualangan budaya kita maksimal, cobalah menginap di Pendopo Taman Budaya Surakarta. Selain tempat tersebut digunakan sebagai lokasi perhelatan-perhelatan besar di Solo, pendopo ini juga menyediakan puluhan kamar yang sangat cocok bagi backpacker atau traveler. Satu kamar berisi enam ranjang ukuran single dan satu AC serta satu kamar mandi. Sungguh asyik kan untuk kita yang ingin join kamar dengan sesama kawan?
  7. Jangan lupa kabarkan kepada teman-teman kita, bahwa wisata budaya itu menyenangkan! 

Nah itulah beberapa tempat yang tepat untuk melakukan wisata budaya di Solo. Segera siapkan kopermu dan langkahkan kaki ke Solo, ya!

Tulisan dan foto dalam laman ini merupakan kontribusi dari Aisyah Mar atush Sholihah. Aisyah senang membaca, menulis puisi, berdiskusi, bertemu orang-orang baru, easy going dan pernah mendapat juara 1 lomba menulis cerpen yang diadakan oleh Forum Lingkar Pena Sidoarjo, serta memiliki keinginan tinggi untuk menjadi salah satu bagian dari kontributor saliha.id.

RECOMMENDED FOR YOU