TRAVEL
masjid camlica, istanbul, turki (foto : architizer.com)
2018-02-02 15:17:00

5 Masjid Anti Mainstream di Seluruh Dunia

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Umumnya arsitektur masjid identik dengan kubah dan menara. Namun kini semakin banyak arsitek yang merancang tempat ibadah umat muslim ini, dengan desain yang lebih bergaya kontemporer. Jika sebelumnya kita sudah membahas Masjid Permata Qalbu, kini kita tengok yuk beberapa masjid kontemporer di seluruh dunia.

Masjid Camlica, Istanbul

architizer.com

Tempat ibadah yang terletak di Bukit Camlica, Istanbul, Turki ini menggabungkan arsitektur unik dengan keindahan lanskap alam sebagai inti dari keseluruhan bangunan. Dengan konsep taman eden, masjid ini memiliki dinding transparan yang dihiasi mekarnya bunga-bunga mawar, melati dan lainnya.

Dinding tersebut mengelilingi sebuah aula besar di mana membuat orang-orang yang berada di dalamnya serasa berada di taman surga. Dua menara lancip yang mengarah ke kiblat di sisi kiri dan kanan bangunan membuat desain masjid ini tampak semakin futuristik. 

The Vanishing Mosque, Uni Emirat Arab

 

architizer.com

Sesuai namanya, Vanishing Mosque yang berarti masjid yang menghilang ini, tampak seperti plaza terbuka berbentuk segitiga yang tidak memiliki atap, dinding maupun pintu. Bangunan berkonsep minimalis ini memang dirancang tidak berbatasan dengan lingkungan sekitarnya, dan terbuka untuk siapapun serta kapan pun.

Tempat ibadah ini dilengkapi dengan kolam untuk wudhu berbentuk segitiga, serta dikelilingi berbagai bangunan tempat shopping, apartemen, hotel dan lain-lain.

Baca Juga : Wow, Masjid Unik Ini Mirip dengan Orang Berdoa

Islamic Centre for Abu Dhabi Saadiyat Island

alhosnu.ae

Terinspirasi oleh pepatah Islam 'Shahada,' yang terkait tauhid dan monoteisme, seorang mahasiswa arsitektur dari universitas Alhosn bernama Suhail Mohammed Suleiman, merancang masjid sekaligus pusat keislaman untuk pulau Saadiyat di Abu Dhabi.

Masjid yang sekilas tampak seperti siput dengan dua antena yang tidak sama tinggi ini dibangun dari bahan-bahan ramah lingkungan serta dilengkapi dengan penerangan alami. 

The Islamic Community Centre and Mosque, Denmark

 

architizer.com

Untuk menarik minat generasi muda muslim di Denmark, Henning Larson Architects membangun sebuah masjid sekaligus pusat keislaman dengan desain kontemporer yang memadukan antara budaya Skandinavia dan juga tradisi Islam.

Masjid tanpa menara yang berdiri di area seluas 2890 meter persegi di daerah Dortheavej, Copenhagen ini memiliki rangkaian kubah dengan dinding dan atap yang berlubang-lubang di mana cahaya dari luar bisa menembus serta menerangi area bagian dalam. 

Wall Dome, Kosovo 

bturn.com

Masjid yang menggunakan teknologi tenaga surya ini menggabungkan 2 elemen utama masjid yakni dinding kiblat dan kubah. Terletak di kota Prishtina, Kosovo bangunan ini memiliki bentuk seperti bulatan yang keluar dari sebuah dinding. Rancangan yang dibuat oleh arsitek Italia Paolo Venturella untuk Lomba Masjid Kosovo ini merepresentasikan hubungan antara keilahian dan orang yang memanjatkan doa. 

Nggak nyangka ya, masjid-masjid di luar negeri banyak yang cool dan keren.

Tertarik mengunjunginya, Sahabat Saliha?

RECOMMENDED FOR YOU